Dengarkan Keluhan Anak Buah

MALANG - Berawal dari hobi memancing yangsering menghasilkantangkanikan dalam jumlah banyak, membuat Bobby Chen terpikir untuk membuat Rumah Makan Mbok Dower yang berada di kawasan Jalan Semeru, Kota Malang. Dalam membangun usahanya yang sudah berdiri dua tahunitu, bukan hal mudah.
“Dengan berbagi kepada sesama, tentu rejeki juga terus mengalir. Hal tersebut yang diyakini mampu membuat usahakitabisa berdiri kokoh hingga saat ini,” kata Bobby Chenkepada Malang Post, kemarin.
Menurutnya, saat ini dirinya mempekerjakan sebanyak 15 orang sebagai karyawannya. Ketika bekerja, dirinya mengaku menerapkan sistem kekeluargaan. Sehingga, para karyawan tersebut bisa berbagikeluh kesah dan menemukan solusi dari berbagai kendala yang dihadapi. Suasana kerja yang nyaman mampu membuat karyawan terus bersemangat. Selain itu, dengan kenyamanan tersebut, bisa membukakan jalan bagi orang lain.

“Saya selalu ngobrol dengan karyawan, apa yang menjadi keluh kesah mereka, saya dengarkan. Tidak ada salahnya membuka jalan untuk orang lain. Ada kebanggaan tersendiri bagi saya jika mereka sukses nanti,” terang dia.

Pemilik percetakan Akeno tersebut juga menambahkan, ketika ada beberapa makanan fresh yang masih tersisa ketika warung ditutup, dirinya mengaku membungkus makanan tersebut untuk dibagikan kepada para karyawan yang rumahnya jauh atau orang tidak mampu di pinggir jalan. “Dengan berbagi kepada sesama, baik berupa ilmu atau yang lain, maka rejeki akan mengikuti. Saya juga tidak mengharapkan imbalan apapun, hanya ingin berbagi saja,” lanjut dia.
Di tengah kesibukannya tersebut, Bobby masih setia melakoni hobinya untuk mendekor beberapa ruangan, termasuk warungnya. “Design yang ada di warung saya itu, semua saya yang buat dengan dibantu beberapa orang. Ini saya lakukan agar orang-orang merasa nyaman dan tidak bosan ketika sedang menyantap makanan,” kata dia.
Dalam menjalani bisnisnya tersebut, Bobby juga berbagi beberapa tips. Dalam setiap usaha, pasti selalu ada kompetitor. Namun, dirinya menilai, hal tersebut bukanlah suatu persaingan. Setiap tempat, pasti memiliki keunggulannya masin-masing. “Itu hanya variasi saja. oleh karena itu, kita harus bersemangat juga dalam menghadapi segala kendala. Tidak ada masalah yang tidak bisa diatasi,” pungkas dia.(tea/aim)

Berita Terkait