Manfaatkan Oleh-oleh Jadi Ladang Bisnis


 
MALANG - Gara-gara sering dititipi oleh-oleh saat pulang kampung ke Lombok, Anggara Palguna menjadikannya sebuah peluang bisnis yang dapat menghasilkan pundi-pundi rupiah. Bahkan saat ini ia mempekerjakan tiga karyawan karena jumlah pesanan yang membeludak setiap harinya.
Pria yang bekerja sebagai customer service Indosat Ooredoo sering diminta teman-temannya membawakan makanan khas asal Lombok. Ketika dibawakan lauk daging sapi dan sambal, tenyata teman-temannya banyak yang memilih sambal buatan ibunya.
“Melihat banyak teman dan kenalan yang suka, kemudian saya berpikir untuk membisniskan sekalian,” ungkap pria yang akrab disapa Gara ini.
Pada awal bisnisnya berjalan ini, ia banyak dibantu teman dan klien untuk memasarkannya. Selain itu, pria yang juga menjadi bagian dari The Great Larasati Wedding Organizer ini rajin mempromokan produknya tersebut saat menangani event. 
"Dari event tersebut saya kenal banyak orang, mulai dari band, mc dan berbagai pihak yang cukup dikenal di Malang Raya. Saya awalnya memberi tester sebanyak satu hingga dua botol, kemudian mereka membantu saya promosi juga. Saya tidak menyangka antusias teman-teman seperti ini," bebernya.
Sukses yang diraih oleh Gara ini membuatnya yakin jika setiap apapun yang ada di sekitarnya bisa memberikan manfaat selagi bisa memanfaatkan.
"Kesempatan itu diciptakan bukan ditunggu. We become what we think, itu prinsip yang selalu saya jadikan pedoman dalam hal mengerjakan apapun. Kita bisa jadi apapun selama kita berusaha dan percaya, pikiran positif akan membawa kita ke hal yang positif juga," tukas dia. 
Dia menambahkan, dalam meraih sukses, harus dilakukan usaha yang juga dilengkapi dengan doa. Selain itu, selalu menjaga silaturahmi dengan keluarga dan sahabat juga penting.
"Saya percaya people came to our life with a reason. Selain keluarga, peranan sahabat itu sangat penting. Mereka bantu apapun tanpa pamrih dan tanpa saya minta," lanjut dia. 
Bagi dia, berdagang itu bukan semata-mata hanya menjual produk enak dan laris. Tapi ada banyak orang dibelakang dia yang selalu saling mendoakan.
"Saya rasain itu sekarang. friends come with benefit and knowledge,not drama," pungkas dia sambil tertawa.(tea/nda)