Cincin Model Solitaire, Banyak Diminati


MALANG - Saat ini trend cicin Solitaire atau yang akrab disebut ‘Model Ratu Elizabeth’ kembali diminati masyarakat. Dalam konteks perhiasan, cincin Solitaire merupakan cincin berlian tunggal atau satu mata berlian yang berada di sentral cincin. Cincin Solitaire ini merupakan salah satu model cincin yang paling sering digunakan untuk cincin kawin, cincin tunangan atau cincin untuk fashion saja.
Store Manager Goldmart MOG, Endriyani mengatakan, model cincin tersebut cenderung mahal. Namun, pihaknya mengaku juga menyediakan harga yang murah, tapi dibentuk dengan berbagai rangkaian. “Kalau untuk murni model Solitaire, cenderung mahal. Nah, kami bisa mensiasati dengan berbagai rangkaian agar harganya lebih murah. Bentuk dan kualitasnya juga sama. Tergantung orang-orang saja memilih yang mana, biasanya kan lebih ke prestise,” papar dia kepada Malang Post, kemarin.
Sejauh ini, perhiasan yang banyak diminati masyarakat adalah cincin dan gelang. Apalagi, saat ini sudah tren memakai hijab yang membuat perhiasan kalung sedikit peminat. “Saat ini, dari total pendapatan yang ada, cincin memberikan kontribusi sebesar 40 persen terhadap pendapatan. Sedangkan untuk gelang sebesar 25 persen, sisanya adalah perhaisan lain, seperti kalung hingga liontin,” terang dia.
Endriyani juga mengatakan, pihaknya membidik seluruh pangsa pasar yang ada. Baik dari kalangan menengah ke atas maupun menengah ke bawah. Pasalnya, range harga yang ditawarkan berkisar mulai Rp 1 juta hingga Rp 100 juta. Setiap bulannya, mereka mampu menerima pengunjung sekitar 20 hingga 30 orang ketika weekdays. “Sedangkan ketika weekend, kami bisa menerima hingga 50 orang. Dari pengunjung yang ada, kalau sedang high season pada Oktober hingga Desember nanti, persentase pembeli yang melakukan transaksi sebesar 40 persen per hari,” beber dia.
Menghadapi high season ini, harga emas mengalami kenaikan, rata-rata per hari sebesar 6 persen. “Kalau bulan lalu, harganya masih di angka Rp 590 ribu per gram dan sekarang menjadi Rp 625 per gram. Setiap bulannya, naik sekitar 10 hingga 15 persen per bulan,” jelas dia.
Dalam bulan ini, untuk menghadapi Autumn Season, pihaknya juga memberikan promo spesial khusus untuk pembelian james stone (batu mulia selain berlian) dan juga mutiara. Promo tersebut berlaku mulai 6 hingga 25 Oktober 2017 mendatang. Untuk pembelian awal  pelanggan diberikan diskon reguler sekitar 10 hingga 15 persen. Kemudian, pada pembelian berikutnya, baik mutiara maupun james stone mendapat potongan harga hingga 60 persen.
“Beda transaksi boleh, asal di hari yang sama. Kalau pada hari besoknya, harus janjian dulu sama salesnya. Kami mengupayakan pengalaman semaksimal mungkin bagi para pelanggan,” pungkas dia. (tea/udi)

Berita Terkait