Electronic City Kontribusi Penjualan Online Capai 50 Persen


MALANG – Penjualan online memberikan kontribusi yang tinggi untuk pendapatan toko elektronik, Electronic City. Tercatat, kontribusi yang disumbangkan penjualan online tersebut hingga 50 persen atau setara dengan penjualan konvensional.
“Faktor kemudahan dan kecepatan menjadi pertimbangan customer memilih untuk membeli produk secara online di situs resmi kami. Cukup hunting di depan monitor, pilih sesuai budget dan kebutuhan, klik, bayar, produk langsung tiba di rumah. Hal ini sangat membantu kami menggenjot penjualan,” ujar Sales Manager Electronic City Matos, Eko Krisyanto.
Meski penjualan secara online cukup bagus, Electronic City tak lantas berpuas diri. Mereka tetap mendorong agar penjualan in store tidak kalah. Eko sendiri berpendapat penjualan konvensional untuk produk elektronik masih memiliki pangsa tersendiri.
“Karakter setiap customer berbeda-beda. Ada yang ingin mudah dan cepat. Tapi ada juga yang ingin mengetahui produk secara detail dengan cara mendatangi toko dan melihat satu persatu produk yang diinginkan. Karena itu, kami juga harus tetap fokus menggenjot penjualan in store sehingga pendapatan yang kami raup berimbang,” imbuhnya.
Dalam beberapa bulan belakangan ini, produk TV 32 inch menyumbangkan kontribusi paling tinggi dibandingkan dengan produk elektronik lainnya. Penyebabnya antara lain banyaknya mahasiswa baru yang datang ke Malang. Biasanya mereka datang ke Malang, menyewa kamar kos maupun apartemen dan kemudian membutuhkan TV sebagai salah satu sarana hiburan.
“Disusul dengan mesin cuci, home theater, ponsel, laptop, printer, AC dan magic jar yang perolehannya cukup  merata,” sambung Eko.
Untuk menarik customer, Electronic City juga kerap menghadirkan program promo. Di antaranya diskon hingga 15 persen untuk pembelian UHD Smart TV dan cashback Rp 150 ribu untuk printer Canon.
“Selain itu, mendekati akhir tahun ini, kami mulai melakukan cuci gudang untuk stok lama, yakni khusus barang yang sudah enam bulan berada di dalam gudang. Promo ini kami adakan mulai bulan ini hingga stok barang habis. Diskon yang diberikan up to 50 persen,” pungkas dia. (tea/nda)

Berita Terkait