Wajib Kontrol Emosi


MALANG - Berpengalaman bertahun-tahun dalam bidang customer service, membuat Zarra Yuniar mampu mempelajari berbagai macam karakter orang lain. Bahkan pengalaman dan pelajaran yang didapat selama menjadi customer service tersebut, kini bisa ia terapkan pada pekerjaan barunya di bidang sales.
Sales Executive Wuling Motors ini menyebutkan saat menjadi customer service dia dituntut untuk melakukan pendekatan yang baik kepada pelanggan dan mampu meluluhkan hati mereka. Bahkan ketika menghadapi pelanggan yang emosi, dia harus tetap ekstra sabar dan melayani mereka dengan baik.
“Saya percaya ketika ada customer yang marah-marah, pasti hanya karena emosi sesaat. Saat itu saya tidak boleh terpancing ikut marah. Saya harus bersabar menghadapi mereka,” ungkap perempuan yang akrab disapa Rara itu.
Apa yang dirasakan oleh Rara saat itu memang tidak enak. Dia mengaku kesal juga jika dimarahi oleh customer. Namun demi profesionalitas, ia harus menjaga emosinya. Beruntung, kesabarannya berbuah manis. Tatkala ia bekerja sebagai sales mobil, customer yang dulu pernah marah-marah ke dia malah menjadi klien dan membeli produk yang dijualnya.
“Seandainya dulu terbawa emosi, pasti hubungan saya dengan customer tersebut saat ini memburuk. Untung saat itu saya bisa mengontrol emosi, sehingga ketika bertemu lagi hubungan tetap baik. Bahkan ketika saya menawari produk yang saya jual, customer tersebut tertarik,” lanjutnya.
Rara menambahkan, menjadi sales untuk produk otomotif tidak mudah, apalagi jika brandnya merupakan pemain baru. Namun ia berkeyakinan, selama produk yang dijual bagus dan kemampuan lobinya juga baik, pasti akan ada customer yang tertarik.
“Memang banyak yang sudah terlanjur jatuh hati dengan brand lama. Namun saya berkeyakinan banyak juga orang yang bisa jatuh cinta dengan sesuatu yang baru jika dikenalkan terlebih dahulu. Istilahnya tak kenal maka tak sayang. Nah, di sinilah tugas saya. Saya harus mengenalkan kepada orang-orang produk baru tersebut sehingga mereka jatuh hati,” pungkasnya. (tea/nda)

Berita Terkait