Merantau, Berhasil Jadi Outlet Coordinator


MALANG - Setelah menghabiskan masa sekolah hingga SMK di daerah Banyuwangi, Slamet Utomo (23), Outlet Coordinator Cinnamon Kitchen & Coffee memilih merantau ke Kota Malang untuk mencoba peruntungan.
Sebelumnya, lulus SMK jurusan tata boga, ia sempat bekerja di salah satu restoran di Banyuwangi selama satu tahun. “Kemudian, ada seorang teman memberi saya kabar kalau sebuah restoran di Malang butuh waiter. Tak pikir panjang, saya langsung berangkat ke Malang menggunakan kereta api,” papar pria yang akrab disapa Abi tersebut.
Sesampainya di Malang, ia kemudian bekerja sebagai waitres di Batavia Resto selama dua tahun dan berlanjut ke Thainam Resto selama satu tahun. Setelah itu, Abi mengaku langsung pindah ke dunia perhotelan.
“Pertama kali saya bekerja di dunia hotel, langsung jadi waiter. Perjalanan karir saya pun terus berjalan, saat ini saya menjabat sebagai Outlet Coordinator Coffee Shop hotel tersebut. Total saya bekerja sudah selama dua tahun,” beber dia.
Meskipun sudah memiliki jabatan, hal tersebut tak membuat Abi merasa puas. Ia terus melakukan kreasi dengan membuka berbagai macam usaha. Dirinya mengaku membuka bisnis kue tart yang dibuat sendiri oleh tangan terampilnya. “Waktu itu, saya mengerjakan pesanan di kamar kost dan cukup laris. Karena keterbatasan tempat dan waktu, saya memilih vakum dulu untuk sementara waktu,” lanjut dia.
Namun, beberapa bulan berselang, Abi langsung terpikir membuat bisnis baru yang lebih menguntungkan, yaitu dengan menjual makanan pedas. Brand tersebut dinamai dengan ‘Sego Sambel Cak UUT’.
“Dulu, nama panggilanku adalah Cak Uut. Sambil bekerja di hotel juga sambil menjalankan bisnis kuliner ya walaupun kecil-kecilan, bisnis usaha saya masih berbasis online dan delivery order,” terang dia.
Selama melakoni pekerjaan dan usahanya tersebut, menurutnya, hal tersebut tidak bisa terealisasi tanpa bantuan dukungan dan doa dari keluarga. Selain itu, Abi selalu memotivasi diri untuk selalu berbenah diri. “Semakin banyak pujian, akan membuat saya lupa bahwa sebenarnya masih ada kekurangan yang harus dibetulkan,” pungkas dia. (tea/udi)

Berita Terkait