2018, Targetkan Sebaran Brizzi Capai 12 Juta Kartu


MALANG POST - PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI) akan menggenjot sebaran uang elektronik. Sampai akhir tahun 2018, sebaran uang elektronik (e-money) BRI yang diberi nama Brizzi, ditargetkan bisa mencapai 12 juta kartu.
Direktur Konsumer Bank BRI Handayani mengatakan, hingga saat ini, sebaran kartu Brizzi mencapai 7,8 juta. Artinya dalam waktu satu tahun BRI harus menyebar kurang lebih 4,2 juta kartu lagi. Dia mengatakan, perseroan memang terus mendorong transaksi nontunai.
"Jadi kita ini e-wallet, e-money sedang digalakkan untuk mengubah transaksi menggunakan uang tunai menjadi cashless. Makanya kami buat desain menarik dari kartu Brizzi, jadi orang lebih suka pakai kartu itu," kata dia, seperti ditulis di Jakarta, Sabtu (4/11).
Salah satu upaya mendorong sebaran uang elektronik, kata dia, dengan menerbitkan lima desain baru Brizzi. Desain baru tersebut juga sebagai upaya perseroan mendukung Asian Games 2018.
Adapun lima desain terbaru Brizzi memiliki warna yang lebih kaya. Selain itu, kartu tersebut diramaikan dengan maskot Asian Games, yakni Bhin-bhin (Burung Cendrawasih), Atung (Rusa Bawean), Ika (Badak Bercula Satu).
Handayani mengatakan, perseroan akan menerbitkan 2 juta kartu untuk seri Asian Games ini. Sebagai tahap awal, kartu yang akan disebar sebanyak 25-30 ribu kartu hingga akhir 2017.
"Kita sampai bulan delapan tahun depan kita bisa issue seri Asian Games 2 juta kartu," ujar dia.
Handayani juga mengatakan, kartu Asian Games bisa didapatkan di outlet-outlet BRI. Pihaknya juga akan mengenalkan kartu ini di acara-acara lain. Selain itu, kartu ini juga akan didistribusikan melalui ritel, seperti Alfamart, Alfamidi, dan Lawson.
Akan tetapi, Handayani menyadari, penyebaran uang elektronik juga menantang. Terutama, terkait ketersediaan fasilitas isi ulang saldo (top up). Sebab itu, perseroan terus berupaya mempermudah layanan top up tersebut. "Sekarang ATM, EDC, Alfamart. Nanti bisa di mobile," tukas dia. (lip/nda)