Mobil Mogok, Klik Otocare Saja

MALANG – Memanfaatkan teknologi, Asuransi Astra memberikan layanan secara digital untuk nasabahnya. Melalui aplikasi otocare yang bisa didownload di Play Store, nasabah Asuransi Astra bisa menikmati berbagai layanan, termasuk meminta bantuan saat mobil yang dikendarai mogok atau mengalami troble di jalan. 
”Nasabah cukup mendownload aplikasi otocare di Play Store. Salah satu menu dalam aplikasi tersebut adalah Emergency,” kata Branch Manager Asuransi Astra Malang, Ruby Theofelea.
Theo menjelaskan, pada menu Emergency, nasabah cukup klik point ’kirim lokasi Anda’. ”Begitu share location diterima, kami langsung penghubungi nasabah, untuk mengetahui kondisi kedaruratannya,’’ ucap Theo. 
Jika kondisi darurat  atau mobil mogok karena kehabisan bahan bakar, Asuransi Astra akan datang dengan membawa bahan bakar. Tapi jika tidak diketahui sebabnya, maka pihak asuransi akan membawa mobil derek. ”Estimasi waktu kami untuk layanan dalam kota hanya 15 menit. Perbaikan mesin di lokasi pun demikian, yaitu 15 menit,” terang Theo saat memberikan materi dalam acara Insurance Sorkshop di Kantor Asuransi Malang. 
Bukan itu saja, melalui aplikasi ini, nasabah juga akan mendapatkan banyak kemudahan lain.  Di antaranya, membantu nasabah memantau kondisi kendaraan agar senantiasa prima, membantu mengingatkan nasabah saat jatuh tempo SIM, STNK, polis asuransi  dan sebagainya.  ”Melalui menu Near Me, nasabah juga dapat menemukan lokasi atau nomor telepon apotek, rumah sakit, SPBU, Supermarket, Garda Center, Kantor Polisi, dan lokasi event terdekat,” tambahnya. 
Tapi yang paling menarik dari aplikasi ini adalah menu Garda Oto Claim. Pada menu tersebut akan membantu nasabah melakukan proses klaim asuransi. Cukup dengan smartphone, nasabah pun akan mendapatkan informasi tentang klaim asuransi yang diperolehnya.
Selain tentang aplikasi Otocare, Insurance Workshop , Theo juga menjelaskan beragam layanan yang ada di Asuransi ASTRA. Tidak terkecuali edukasi tentang klaim asuransi. 
Dalam materi workshop, Senior Surveyor Asuransi Astra Malang, Sandy Adiwijaya memberikan beberapa contoh kasus kecelakaan. Dari contoh kasus tersebut, dia menyebutkan tidak semua kasus kecelakaan dan kerusakan  atau kehilangan mobil dapat klaim asuransi. 
Salah satu contoh kasus tak dapat klaim asuransi adalah kecelakaan saat kendaraan digunakan pawai, kecelakaan pada kendaraan terhadap pengemudi yang melanggar lalulintas atau tak memiliki SIM, atau kasus kehilangan mobil, tapi tidak sesuai dengan keperuntukannya.
”Ini contoh kasus saja, si A mengasuransikan mobilnya dengan keperuntukan pribadi. Tapi kemudian dia menggunakan mobil tersebut sebagai transportasi online, dan hilang saat beraktifitas transportasi online. Ini asuransinya tidak bisa di klaimkan,” katanya. 
Sandy melanjutkan, untuk kasus kehilangan mobil, klaim asuransi maksimal dua bulan. Karena pihak asuransi tidak cukup hanya menerima laporan saja, tapi juga membentuk tim investigasi mencari fakta di lapangan, untuk mengetahui kebenaran cerita. (ira/nda)
 

Berita Terkait