Rangkul Staf, Jaga Mood Kerja


MALANG - Membangkitkan semangat para staf adalah tugas penting yang harus dilakukan oleh Vera Eka Ristianti. Pasalnya jika para staf bersemangat, target-target yang dibebankan bisa terpenuhi dengan mudah.
Kepada Malang Post, Vera mengatakan, di antara tugas-tugasnya mengerjakan administrasi toko dan menyusun beberapa file yang ada, ia juga bertugas untuk memantau kinerja para stafnya. Ia harus bisa merangkul staf agar suasana kerja bisa saling mendukung. “Kalau mereka bekerja dengan semangat tinggi, hasilnya pasti sangat positif. Oleh karena itu, setiap briefing, saya selalu menyemangati dan memotivasi mereka,” papar Assistant Store Manager The Body Shop MOG Malang ini.
Vera melanjutkan, saat ada staf yang melakukan kesalahan dalam bekerja, ia memberikan teguran dengan cara yang baik agar mereka bisa menerima dengan hati yang dingin. Kalau ditegur dengan keras dan marah-marah, ia yakin stafnya justru malah akan emosi dan sakit hati. Jika ini terjadi, tentu saja akan mempengaruhi kinerjanya.
Lebih lanjut, Vera menjelaskan, ia juga memberikan semangat dengan iming-iming bonus yang akan diberikan oleh perusahaan. Semakin rajin staf bekerja, maka semakin banyak gaji yang diterima. “Oleh karena itu, mereka harus semangat berjualan. Saya juga selalu ingatkan, jika ada masalah di luar pekerjaan atau di rumah, jangan sampai dibawa ke tempat kerja. Supaya selalu tercipta lingkungan kerja yang nyaman dan dan mood bisa selalu terjaga, sehingga para customer semakin nyaman belanja di store kami,” beber dia.
Dia menambahkan, ia sengaja merangkul dan care terhadap para stafnya agar lebih akrab. Sehingga, setiap ada masalah apapun, staf tersebut tidak sungkan untuk berbagi. “Dengan hubungan yang akrab tersebut, hubungan kita jadi semakin baik. Mereka bebas berpendapat. Nah, dari keterbukaan itulah membuat kinerja tim jadi semakin solid,” pungkas dia.(tea/nda)

Berita Terkait