Jelang Akhir Tahun, Permintaan Wisata Bromo Melesat


MALANG – Momentum akhir tahun menjadi berkah bagi para pelaku bisnis di bidang wisata. Berbagai stake holder memanfaatkan akhir tahun untuk ‘panen’ keuntungan. Tak terkecuali wisata perjalanan ke Bromo dan Semeru.
Owner Tour de Bromo Travel, Fahrizal Sultan mengatakan menjelang akhir tahun ini permintaan sewa mobil Jeep maupun paket wisata ke Bromo dan Semeru mulai mengalami peningkatan. Bahkan musim hujan tidak membuat permintaan turun mengingat semakin tingginya wisatawan dari luar kota yang ingin pelesir ke gunung yang menjadi ikon Provinsi Jawa Timur ini.
“Setiap harinya sekitar lima unit Jeep yang keluar (disewa). Selain sewa Jeep, ada juga klien yang mengambil paket lengkap untuk tour mengelilingi gunung tersebut. Untuk full trip dari Gunung Bromo hingga Semeru selama satu hari penuh, kami membanderol mulai dari  Rp 1,2 juta, lengkap dengan mobil dan sopirnya,” ujarnya.
Perjalanan wisata ke gunung, lanjut Fahrizal, menyumbang pendapatan terbanyak dibandingkan wisata lainnya. Ia mengaku kontribusi wisata gunung sebanyak 50 persen. Disusul wisata rafting sekitar 25 persen dan 15 persen untuk touring di Kota Batu. Sisanya touring di kawasan pantai wilayah Kabupaten Malang.
“Wisata ke Bromo masih menjadi andalan kami. Karena itu, paket ini selalu kami prioritaskan dibandingkan dengan paket wisata lain,” sambungnya.
Selain untuk Bromo dan Semeru, pihaknya mengaku menyediakan jasa untuk ke beberapa gunung lain yang masih berada di kawasan Jawa Timur. Selain itu, bagi para penumpang yang hendak menginap, pihaknya juga menyediakan beberapa paket khusus.
“Untuk trip dan juga kebutuhan untuk penginapan, kami juga menyediakan dan disesuaikan dengan request dari custoumer. Setiap rombongan, pasti selalu berbeda-beda. Hal tersebut merupakan salah satu strategi kami untuk menyediakan pelayanan bagi para customer,” papar dia. (tea/nda)