Terbang Perdana, Lion Air MLG-CGK Full Seat


MALANG – Resmi dibuka, penerbangan Lion Air rute Bandara Soekarno Hatta Jakarta menuju Bandara Abd Saleh Malang PP (CGK-MLG-CGK) langsung penuh. Rabu (29/11), maskapai di bawah naungan Lion Grup ini membawa 185 penumpang dari Jakarta (CGK-MLG). Sedangkan dari Malang (MLG-CGK), Lion Air mengangkut 189 penumpang.
“Penerbangan perdana MLG-CGK  full seat. Dari Malang ke Jakarta, tidak ada satupun kursi yang kosong. Semuanya habis terjual,” kata Airport Service Manager Lion Grup Malang,  Panca Susila kepada Malang Post di sela-sela menyambut kedatangan perdana pesawat Lion Air di Bandara Abd Saleh.
Panca menguraikan, CGK-MLG-CGK merupakan rute baru yang dibuka Lion Air jelang penghujung tahun ini. Penerbangan baru ini sengaja dibuka untuk memberikan kemudahan masyarakat bepergian menggunakan pesawat. Selain itu penerbangan baru yang ditawarkan ini juga sekaligus untuk mendukung pembangunan di wilayah Malang Raya serta daerah-daerah lainnya di Jawa Timur.
”Beroperasinya Lion Air CGK-MLG-CGK ini untuk mengurangi traffict di Bandara Juanda. Sekaligus dengan beroperasinya kami di sini, mendukung peningkatan ekonomi dan wisata di Malang Raya,” ucapnya.
Panca tidak menampik jika sebelumnya Lion Grup juga memiliki penerbangan rute Jakarta-Malang, yaitu Batik Air. Namun keberadaan penerbangan Lion Air tidak akan mengganggu pasar Batik Air karena rute yang dilewati berbeda. Selain itu tarif yang dipatok dan pasar yang dibidik juga tidak sama. ”Batik Air sendiri rutenya Halim Perdana Kusuma, sedangkan Lion Air Soekarno Hatta,” sambungnya.
Dari Malang sendiri, Panca yang didampingi Area Manager Surabaya Lion Grup, Dyfi Sucianti, menyebutkan ada dua kali penerbangan. Yakni pukul 08.25 dan pukul 12.45. Penerbangan baru ini dilayani menggunakan pesawat jenis Boeing 737-800 NG. Namun ke depan pesawat untuk rute ini akan menggunakan jenis Boeing 737 MAX. “Pesawat Boeing 737–800 NG yang kami gunakan ini memiliki kapasitas penumpang 189 seat. Makanya hari ini dari Malang penuh,” tambahnya penuh bangga.
Panca menyebutkan, penerbangan baru ini tak sekadar memberikan kenyamanan kepada para penumpang. Tapi pihaknya juga memberikan fasilitas lebih lainnya. Salah satunya adalah harga tiket yang lebih murah.  Untuk masa promo, Panca menyebutkan tiket pesawat Lion Air adalah Rp 418.800. “Tiket kami paling murah dibandingkan dengan maskapai lainnya,” katanya.
Sementara itu Kepala UPT Bandara Abd Saleh, Suharno mengaku sangat mengapresiasi penerbangan baru yang dibuka Lion Air. Terlebih penerbangan baru ini juga diminati penumpang. Terbukti dengan jumlah penumpang, baik yang turun maupun yang naik. “Ini luar biasa. Baru pertama terbang, penumpangnya penuh,” katanya. Dia pun siap melakukan evaluasi hingga satu bulan ke depan.
Dengan tambahan jadwa penerbangan ini, Suharno mengatakan total penerbangan dari Bandara Abd Saleh ada 14. Sebanyak 12 melayani Malang-Jakarta, satu melayani penerbangan dari dan ke Bali, dan satu melayani rute dari dan ke Bandung.
Saat ditanya potensi menambah jadwal penerbangan, Suharno mengatakan masih belum tahu. Alasannya jelas, yaitu adanya penerbangan militer. “Sejauh ini tidak mengganggu, antara jadwal penerbangan sipil dengan militer. Kami terus melakukan koordinasi,” ucapnya.
Sementara itu, suasana gembira terlihat saat pesawat mulai landing di Abd Saleh. Panca yang didampingi oleh para pejabat Lion Air Jawa Timur serta Kepala UPT Bandara Abd Saleh memberikan aplaus begitu pesawat Lion Air parkir dan menurunkan penumpang dengan sukses. Bahkan bentuk apresiasi, pihak Lion Air juga mengalungkan bunga kepada salah satu penumpang. Terbang perdana ini juga ditandai dengan pemberian cinderamata dari Lion Group kepada Kepala UPT Bandara Abd Saleh.(ira/nda)