Selektif Nasabah, Terapkan 5C


MALANG - Sebagai seorang Relationship Manager Bank BRI KCP Sukun, Novarina Belly Sadhana menerapkan 5C untuk menyeleksi calon nasabah. Yakni Character, Capacity, Capital, Collateral dan Condition. Hal tersebut ia lakukan untuk menghindari nasabah yang bermasalah dalam pengajuan kredit.
Kepada Malang Post, perempuan berusia 26 tahun tersebut menjelaskan, sehari-hari, ia bertugas sebagai pemrakarsa kredit komersial dan juga menjalin kedekatan dengan para nasabahnya. Selain itu, ia juga melakukan penagihan kepada nasabah yang memiliki tunggakan.
Menurutnya, kendala penagihan terhadap nasabah tersebut karena berbagai macam hal. Di antaranya karena kondisi usaha yang sedang menurun hingga ada suatu musibah yang menyebabkan nasabah tersebut telat untuk membayar.
“Terkadang, ada juga yang sudah terlanjur jadi karakter nasabah. Sebenarnya dia mampu membayar, tapi karena sudah karakter, uangnya dipakai untuk membayar tagihan yang lain,” ujar perempuan yang memiliki hobi jalan-jalan tersebut.
Berbagai kendala tersebut membuat pekerjaannya menjadi tertunda. Oleh sebab itu, ia harus selektif dalam memilih nasabah sekaligus besaran jumlah kredit yang akan diberikan. “Dengan hal ini, kita bisa tahu rekam jejak calon nasabah, mulai dari kebiasaan membayar kredit, tepat waktu atau tidak hingga usaha yang dimiliki nasabah berkembang atau tidak. Dari situ, kita bisa lebih jeli terhadap nasabah yang hendak melakukan pengajuan kredit,” jelas dia.
Selain itu, agar lebih nyaman bekerja, ia juga memilih partner yang cocok, yaitu bisa menuruti apa yang diinginkan pimpinan, tidak menyalahi aturan atau prosedur yang ada dan juga mau berbagi ilmu. “Ketika saya salah, tim juga tidak usah ragu-ragu untuk mengingatkan. Dalam tim, mereka juga pasti punya hobi yang sama. Jadi, ketika jenuh dengan pekerjaan, kami bisa menghabiskan hobi bareng-bareng,” pungkas dia.(tea/nda)

Berita Terkait