Bangun Trust di Sosial Media


MALANG - Meskipun baru berusia 22 tahun, Muhammad Azzam Rabbani serius menjalankan usahanya, yaitu Pasmira Hijab. Dalam membangun usahanya tersebut, bagi pria kelahiran 31 Januari 1995 tersebut mengedepankan personal branding.
Ketika ditemui Malang Post beberapa waktu lalu, pria yang akrab disapa Azzam tersebut mengatakan, dalam membangun sebuah usaha, personal branding sangat penting. “Cara paling gampang adalah jaga cara berbicara ketika di sosial media. Jadi, ketika kita mengeluarkan sebuah produk untuk dijual, trust masyarakat sudah terbangun dengan sendirinya terhadap produk kita,” papar dia.
Selain membangun personal branding, penting juga untuk membangun historis produk tersebut ketika pertama kali dibangun. Awalnya, sebelum menjual kebutuhan fashion untuk hijab, Pasmira menjual pasmina berbahan rajut. “Kisah historis tersebut juga penting untuk menciptakan inspirasi bagi para khalayak. Bagaimana Pasmira ini dibangun dan perjuangan lainnya,” terang dia.
Azzam menambahkan, ilmu bisnis online tidak memliki suatu ilmu pasti. Pelajaran bisnis tersebut sejauh ini ia lakukan dengan cara learning by doing. “Jadi, saya memang fokus untuk menjalankan bisnis online. Saya selalu melakukan evaluasi. Kira-kira apa yang kurang, kemudian saya perbaiki,” ujar anak kedua dari lima bersaudara tersebut.
Selain itu, dalam melakukan bisnis online, harus memperbanyak relasi supaya usaha tersebut bisa terus berjalan. “Zaman sekarang, kalau tidak ada relasi, sedikit kesulitan. Ketika sudah mendapatkan relasi, tergantung bagaimana caranya kita menjalin hubungan baik dengan mereka,” pungkas Azzam.(tea/nda)

Berita Terkait