Dongkrak Market Share, Gandeng Komunitas


MALANG - Penjualan Vespa selama ini didukung oleh para penggemar setia produk asal negara Italia tersebut. Secara tidak langsung, kehadiran mereka membuat pasar Vespa terus mengalami peningkatan setiap tahunnya. Bahkan, produk tersebut memiliki segmentasi pasar khusus untuk penjualannya, yaitu kolektor dan anak muda yang ingin tampil stylish.
Marketing Supervisor PT Satya Mandiri Motors Malang, Fahi Reza Bafagih mengatakan saat ini, market share Vespa di Malang masih berada di bawah angka 30 persen. Oleh karena itu, pihaknya terus melakukan berbagai upaya untuk mendongkrak market share, salah satunya dengan menggandeng komunitas.
“Vespa ini peminatnya banyak, seiring dengan perkembangan komunitasnya. Segmentasi kami membidik semua kalangan. Namun, lebih fokus kepada anak-anak muda yang lebih menyukai style dan pecinta Vespa,” papar dia ketika ditemui Malang Post.
Ada lima tipe Vespa yang saat ini beredar, yakni Vespa LX, Vespa S, Vespa Sprint, Vespa Primavera hingga Vespa GTS. “Itu merupakan lima hot item kami, paling laris di pasaran. Untuk Vespa LX, S, Sprint dan Primevera, jumlah penjualannya cenderung merata,” ujar Area Sales Manager PT. Piaggio Indonesia Jakarta, Franky Pratama Wijaya.
Vespa tersebut dijual mulai dari harga sekitar Rp 30 juta hingga Rp 270 juta tergantung dari tipenya. Apalagi, motor tersebut build up dan juga membutuhkan waktu untuk melakukan inden. “Untuk produk yang inden ada tipe tertentu, saat ini, tipe LX warna merah harus inden dulu sampai bulan Februari 2018 mendatang,” lanjutnya.
Untuk mempermudah customer yang menginginkan Vespa, pihaknya menyusun strategi menerima jasa tukar tambah produk. “Untuk pelanggan yang memiliki Vespa lama atau produk lain yang ingin ditukarkan dengan Vespa Matic, kami bersedia membantu. Ini adalah upaya kami untuk mempermudah konsumen,” imbuh dia.
Franky menambahkan, berdasarkan data nasional, penjualan Vespa pada tahun ini meningkat sebesar 5 persen secara year to year. “Tahun depan kami berharap ada peningkatan serupa. Oleh karena itu, kami akan berupaya semaksimal mungkin agar diler di Malang bisa diketaui dan juga terus growth. Untuk promo akhir tahun nanti, kami memberikan diskon hingga Rp 10 juta untuk Vespa tipe GTS 300 cc,” pungkas dia.(tea/nda)

Berita Terkait