All New Terios Bidik Market Share 40 Persen


MALANG - Setelah launching di Jakarta, 23 November, dan Surabaya, 6 Desember, All New Terios akhirnya diluncurkan di Malang dalam acara bertajuk 'Roadshow All New Terios', Jumat (15/12). Saat peluncuran berlangsung, Daihatsu Astra Jalan Ahmad Yani dipadati oleh pelanggan yang sudah tak sabar menunggu kehadiran unit baru tersebut.
Kepala Cabang Daihatsu Astra International Malang, Stevan Kristianto mengatakan, pada peluncuran seri terbaru tersebut, pihaknya fokus untuk meningkatkan jumlah market share di angka 40 persen. Saat ini, untuk kelas SUV di wilayah Malang masih berasa di angka 20 persen.
" All New Terios masuk dalam klasifikasi mobil kelas SUV Medium. Tren market SUV dari tahun ke tahun terus meningkat, sejak tahun 2015-2016. Kami berharap, penjualan unit ini akan menyamai Xenia. Unit ini baru bisa dinikmati tahun depan, sekitar bulan Januari atau Februari. Kami juga berharap bisa menguasai pasar dengan produk baru ini," kata dia di sela-sela acara.
Lebih lanjut, Stevan menyebutkan, harga yang dibanderol naik Rp 3 juta sampai Rp 5 juta dari tipe yang lama. Menurutnya, produk baru tersebut tercipta karena hasil riset dari pasar Daihatsu. "Saat ini, tren pasar berubah, mulai beralih ke SUV Medium. Jadi, kami optimis produk kami diterima di pasar dengan keamanan dan kenyamanan yang lebih baik," beber dia.
Stevan menjelaskan, pada seri terbaru kali ini, Terios hadir dengan fitur-fitur canggih dan tampilan fisik yang sangat berbeda. Dilihat dari segi eksterior, All New Terios mengalami perubahan yang cukup signifikan dari model sebelumnya. Perubahan ini tampak jelas bila dilihat dari samping. Sekilas, sudah tidak ada lagi bentuk Terios lama yang cenderung bulat lonjong, karena model baru terlihat mengusung bentuk yang lebih sporty.
“Perubahan lain yang mencolok adalah tak adanya lagi konde untuk menyimpan ban cadangan di bagian belakang,” kata dia.
Selain itu, perubahan juga menjalar ke bentuk lampu depan dan lampu belakang dan sudah tidak ada lagi lampu dengan ukuran lebar. Seluruhnya sudah menggunakan lampu LED dengan model sipit lazimnya mobil zaman sekarang. “Pada bagian depan, perubahan juga terjadi pada gril dan bemper. Gril kini lebih lebar dan menyatu dengan lampu utama,” beber dia.
All New Terios juga dipasangi lampu LED di bagian depan dan belakang. Lampu ini disebut mampu hidup otomatis apabila mobil melewati terowongan gelap pada siang hari. Pada kaca belakang terpasang auto wiper yang dapat otomatis berfungsi saat mobil akan diparkir dalam suasana hujan. Tujuannya memudahkan pengemudi melihat ke belakang.
“Untuk sisi keamanan, All New Terios sudah memiliki Vehicle Stability Control (VSC), Anti-Lock Braking System (ABS), Hill Start Assist (HSA), Emergency Brake Signal (EBS), dan Electronics Brake Force Distribution (EBD),” beber dia.
Kemudian, dari segi interior, seluruh jok penumpang dari baris pertama sampai ketiga sudah dilengkapi dengan sabuk keselamatan. Daihatsu memasarkan Terios dalam dua tipe pilihan, yakni X dan R. Masing-masing tipe ada varian standar dan deluxe. Selain itu, tiap tipe terdiri atas transmisi 5 M/T dan 4 A/T. "Kami menyediakan enam pilihan warna, seperti White, Scarlet Red Metallic, Purple Metallic, Bronze Metallic, Classic Silver Metallic dan Midnight Black Metallic," pungkas dia.(tea/nda)