Daihatsu Xenia dan Sigra Perkasa


MALANG – Xenia dan Sigra masih menjadi tulang punggung Daihatsu Astra International Malang. Sepanjang tahun 2017 kedua produk tersebut setiap bulannya rata-rata menyumbangkan penjualan masing-masing sebanyak 60 unit. Disusul Grand Max pick up dan Ayla masing-masing 40 unit setiap bulannya.
Sales Supervisor Daihatsu Astra International Malang, Moch Ariffudin mengatakan, baik Xenia maupun Sigra masih menjadi primadona karena berbagai faktor, mulai dari harga, kapasitas hingga mesin. “Terutama Sigra, pamornya semakin melesat di akhir tahun ini. Dari data 21 Desember dibandingkan dengan 21 November lalu, penjualan Sigra tumbuh hingga 140 persen. Sedangkan Xenia masih tetap bagus dengan kenaikan 75 persen dari bulan sebelumnya,” papar Arif, sapaan akrabnya.
Di wilayah Jatim sendiri, rata-rata perbulan Daihatsu berhasil menjual 1.500-1.600 unit all tipe. Dibandingkan dengan tahun 2016 lalu, market share Daihatsu pada 2017 naik 2 persen.
Sementara itu, ditemui di kantor Daihatsu Astra International Malang, pasangan suami istri Eko Tribowo dan Kandi Aswati mengaku terlanjur jatuh hati dengan Daihatsu sejak lebih dari 20 tahun lalu. Kepada Malang Post, Eko mengaku memilih mobil Daihatsu karena harganya ramah di kantong dan irit bahan bakar. "Selain itu, mesinnya juga bandel dan minim kerusakan. Perawatannya pun murah dan mudah. Sehingga nyanan dipakai," papar pria berkacamata tersebut.
Saat ini, ia memiliki empat unit mobil yang dipakai untuk keperluan pribadi. Mulai dari dirinya, istri hingga kedua anaknya. Unit mobil tersebut adalah dua unit mobil Xenia, satu unit Ayla dan satu unit Sigra. "Saya baru beli Sigra sekitar satu minggu lalu. Selain dipakai untuk keperluan pribadi, saya menggunakan unit Daihatsu untuk kepentingan bisnis. After sales-nya juga tinggi," papar pengusaha benih dan pestisida tersebut.
Eko mengaku, menjadi pelanggan setia sejak tahun 1986, yakni mulai dari Daihatsu Hijet 100. Kemudian beralih ke Taft Kotak pada tahun 1992, Hi Line pada tahun 1996 dan Daihatsu Xenia sejak 2004 hingga sekarang. "Mesin dan performa mobil Daihatsu tangguh di segala medan. Kualitasnya tetap terjaga sampai sekarang. Kalau di total, sudah lebih dari 12 mobil yang saya beli dari Daihatsu," pungkasnya. (tea/nda)