Bisnis Apartemen Melesat, Incar Segmen Mahasiswa


Malang Post, Seiring berjalan dengan berkembangnya wilayah Kota Malang menjadi kota pariwisata sekaligus kota pendidikan, membuat beberapa pengusaha properti berlomba-lomba untuk berinvestasi. Selain rumah tapak yang sebelumnya sudah ramai, di tahun ini bisnis apartemen juga semakin bergeliat. Bahkan di sepanjang 2017 ini, sudah ada tiga apartemen yang mulai memasarkan unitnya, yakni Apartemen Taman Melati, Apartemen Begawan dan Apartemen Sayumi.
Manager Marketing Apartemen Taman Melati, Acep M Sadili mengatakan sejauh ini bisnis properti di Kota Malang memang menjanjikan karena Kota Malang memiliki pangsa pasar yang jelas. “Dikenal sebagai kota pendidikan, membuat harga properti cenderung terus naik,” kata dia kepada Malang Post beberapa waktu lalu.
Apartemen tersebut memiliki konsep apartemen kanpus yang dibangun di sekitar wilayah perguruan tinggi, di antaranya Universitas Negeri Malang (UM), Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), Universitas Islam Malang (Unisma), Universitas Brawijaya Malang (UB), Universitas Gajayana Malang dan Politeknik Negeri Malang.
“Kami memang membidik pangsa pasar para investor yang berminat untuk membeli unit kami untuk investasi. Jika bersedia untuk dilakukan sewa menyewa, ada management building untuk membantu mengurus. Pemilik tinggal terima beres,” jelas dia.
Acep juga menjelaskan, ada sekitar 728 unit apartemen dan 20 lantai yang disediakan. Promosi untuk pembelian apartemen tersebut bahkan sudah dilakukan sejak awal tahun 2016. “Sampai sekarang, hanya tersisa 300 unit. Tahun ini, target kami harus habis dan kami terus melakukan promosi untuk menggenjot penjualan,” beber dia.
Hampir sama dengan Apartemen Melati, Begawan Apartment juga memilih Kota Malang karena memegang predikat sebagai kota pendidikan. Direktur Keuangan dan SDM PT PP Properti Tbk, Indaryanto mengatakan, Begawan Apartment juga fokus membidik segmen mahasiswa. “Itu juga yang membuat PT PP Properti Tbk memilih lokasi yang dekat dengan beberapa kampus ternama di Kota Malang. Di Kota lainnya pun kami juga membangun apartemen yang berdekatan dengan kawasan kampus,” ujar Indaryanto beberapa waktu lalu.
Untuk mendukung segmentasi yang dibidik, Begawan Apartment melengkapi apartemennya dengan fasilitas yang sesuai dengankebutuhan mahasiswa. Di antaranya fasilitas olahraga di lantai atas, yakni untuk basket, futsal hingga track sepeda. Bekerja sama dengan Gramedia, Begawan menghadirkan 22 ribu judul buku yang dapat diakses melalui e-library. “Dalam setiap proyek kami, selalu ada hal-hal baru yang kami persembahkan untuk customer,” sambungnya.
Project Director Begawan Apartment, Bagus Febru Saptono menambahkan, nantinya akan ada tiga tower dan berisi sekitar 1.800 unit apartemen. Pada tower pertama, terdapat sekitar 980 unit dan sudah terjual 80 persen. Sebagian besar customer merupakan masyarakat Jawa Timur. “Pembangunan akan kami mulai di awal tahun 2018 mendatang. Rencananya pembangunan akan berjalan selama dua tahun. Setelah kawasan apartemen terbentuk, akan kami lanjutnya dengan pembangunan tower hotel,” kata Bagus.(tea/nda)

Berita Terkait