BCA Target Salurkan KUR Rp 110 Miliar


Malang Post, Sukses merealisasikan Kredit Usaha Rakyat (KUR) sebesar Rp 103 miliar pada 2017 lalu, tahun ini PT Bank Central Asia Tbk (BCA) akan meningkatkan targetnya. Pertumbuhan KUR sepanjang tahun 2017 ditargetkan mencapai Rp 110 miliar.
Executive Vice Presiden Commercial & SME Business BCA, Liston Nainggolan mengatakan untuk merealisasikan target tersebut, BCA sudah menyusun berbagai strategi. Antara lain, penyaluran KUR pada tahun 2018 akan lebih kepada kemitraan dengan sejumlah sejumlah perusahaan jasa keuangan guna mempercepat pertumbuhan kredit.
 “Secara internal kami melakukan beberapa kemajuan terkait proses kredit yang disalurkan BCA kepada usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) dengan memperluas jangkauan termasuk pemanfaatan data nasaba,” ujarListon  di Jakarta, Senin (15/1).
Bank Indonesia mewajibkan seluruh perbankan di Indonesia menyalurkan 20 persen dari total portofolio kredit perbankan kepada pelaku UMKM pada tahun 2018. Emiten perbankan berkode saham BBCA tersebut menargetkan penyaluran kredit kepada pelaku UMKM dapat melampaui pencapaian tahun lalu, yakni 14 persen dari total kredit yang disalurkan oleh BCA. Inilah yang melatarbelakangi BCA membidik angka penyaluran KUR Rp 110 miliar.
Hingga kuartal III/2017 BCA mencatat penyaluran kredit senilai Rp 440 triliun atau tumbuh 13,9 persen secara year on year. Liston mengatakan sampai dengan akhir tahun 2017 rasio kredit bermasalah kredit UMKM masih tegolong rendah yakni sekitar 1 persen. “Secara keseluruhan Non Performing Loan (NPL) BCA sekitar 1,2 persen tahun lalu,” katanya.
Tahun ini BCA juga berencana untuk memperluas kerja sama dengan financial technology lainnya guna mendongrak penyaluran kredit kepada pelaku UMKM. Liston menyebutkan saat ini pihaknya sedang menyusun kerja sama dengan dua market place yakni blibli.com dan bukalapak.com. “Sebelumnya BCA sudah menggandeng dua market place lainnya, yakni Tokopedia dan Lazada sejak 2017,” urainya.
Liston menambahkan, baru-baru ini BCA juga menjalin kerja sama penyaluran kredit UMKM melalui perusahaan jasa keuangan berbasis teknologi PT Aman Cermat Cepat (KlikACC). Sebagai contoh, dia menuturkan, skema pembiayaan yang dilaksanakan BCA dengan Tokopedia berupa KUR. Pusat perbelanjaan daring tersebut berfungsi sebagai perantara yang memberikan rujukan kepada BCA. “Mereka kan punya sistem rating terkait para penjual lalu kami proses untuk penyaluran kreditnya,” tutupnya. (bis/nda)

Berita Terkait