Perkuat Layanan Digital, BRI Luncurkan SABRINA


 
MALANG - PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) semakin memantapkan langkahnya untuk menggencarkan layanan digital. Demi kemudahan layanan nasabahnya, BRI melakukan inovasi dengan meluncurkan layanan virtual assistant chat dengan nama Smart BRI Assistant atau SABRINA, Sabtu (20/1) lalu. 
Pemimpin Wilayah BRI Malang, Busrul Iman mengatakan, layanan perbankan tersebut dihadirkan untuk memenuhi kebutuhan nasabah melalui layanan yang cepat, akurat, aman, dan nyaman. Dulu, nasabah harus menunggu antrean yang panjang untuk mendapatkan layanan. Sekarang sudah tidak perlu lagi datang ke kantor maupun menelpon CallBRI, cukup chatting dengan SABRINA. 
“Kami terus berupaya memberikan layanan optimal bagi nasabah. Dengan inovasi ini, kami harapkan semakin memudahkan dan mendekatkan nasabah dalam menggunakan layanan perbankan BRI,” terang dia ketika dihubungi Malang Post.
Busrul menjelaskan, layanan SABRINA diciptakan dengan memanfaatkan teknologi kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI) berbasis chat. Bagi para nasabah yang ingin mengakses SABRINA, bisa memaksimalkan aplikasi Facebook Messenger dan aplikasi Telegram. Nasabah cukup mengklik like dan follow akun ‘Bank BRI’ di Facebook Messenger atau mengakses Telegram dengan menginput @BANKBRI_ID_BOT.
“Nantinya SABRINA juga akan hadir di aplikasi messaging lainnya,” kata dia.
Lebih lanjut, Busrul menjelaskan, ketika sudah berhasil mengakses layanan, pada greeting awal, SABRINA menawarkan keramahan kepada nasabah layaknya Customer Service.
“Selain menginformasikan promo dan kegiatan serta produk BRI, SABRINA bisa mengarahkan lokasi Kantor Cabang BRI, ATM, top up Brizzi serta layanan aduan juga. Seperti customer service yang ada di bank,” ujar dia.
Layanan chat bot yang digunakan saat ini terbagi menjadi dua kategori. Pertama chat bot yang menawarkan percakapan layaknya manusia karena diperkaya begitu banyak pola small talk (percakapan).
Kedua, layanan chat bot yang berperan sebagai media penjualan produk karena diperkaya dengan carousel (tampilan gambar) dan button menu yang dapat dipilih oleh nasabah, namun  dari sisi percakapan tidak lebih humanis dibandingkan kategori sebelumnya.
“Untuk memberikan kenyamanan penggunaan chat bot SABRINA kepada nasabah, kami menghadirkan layanan ini dengan mengkombinasikan kedua kategori tersebut.” pungkas dia.(tea/nda)

Berita Terkait