Ekspansi ke Malang, Andalkan Etnik Wear


 
MALANG - Setelah berhasil dengan lima gerainya di Surabaya, Butik Rasyida Alam membuka gerai keenamnya di Kota Malang. Gerai yang terletak di kawasan Jalan Sokarno-Hatta tersebut mengandalkan Etnik Wear yang cocok digunakan untuk pria maupun wanita.
Owner Butik Rasyida, Rizanty Tuakiya mengatakan, dirinya memilih Kota Malang sebagai tempat untuk ekspansi karena Malang sudah mulai menjadi barometer fashion di kawasan Jawa Timur.  “Selain karena ada rumah di Malang, saat ini fashion di Malang mengalami kemajuan yang cukup pesat. Bebeapa model fashion bisa tumbuh di sini,” terang dia ketika ditemui Malang Post.
Pada gerai tersebut, ada beberapa model Etnik Wear yang cocok digunakan untuk pria maupun wanita. Ada yang dilukis, disulam dan didesain dengan tangan kreatifnya sendiri.
“Untuk desain dan bahan baku, saya sendiri yang menggambar. Namun untuk eksekusi karya baju, ada beberapa daerah. Seperti kawasan Sidoarjo, Gresik, Malang hingga Bangil sebagai mitra kerja kami. Warga di sana kami berikan keterampilan untuk membuat kalung, baju, dompet hingga kalung,” ujar perempuan yang akrab disapa Shanty tersebut.
Gerai yang pernah mendapatkan Upakarti Kategori Jasa Pengabdian pada tahun 2012 tersebut, setiap tahunnya memiliki tema penjualan kain yang berbeda-beda. Tahun 2018 kali ini, pihaknya mengolah Batik Madura Lukis Spesial yang akan dijadikan sebuah baju, celana, outer dan produk fashion lainnya. Harga yang dibanderol mulai dari Rp 250 ribuan hingga Rp 1,5 jutaan.
“Dari hasil pembuatan baju tersebut, kain perca yang tersisa kami buat kalung lucu-lucu,” beber wanita pebusaha berprestasi Tahun 2017 versi Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI) Jawa Timur tersebut.
Untuk mendekatkan diri dengan para konsumennya, Shanty memperkenalkan diri dengan menggeber customer gathering yang dilakukan hampir setiap bulan. Selain itu, selama masa promo grand opening tersebut, pihaknya memberikan diskon sebesar 30 persen. 
“Untuk member card, kami juga memberikan diskon selama 15 persen. Member card bisa diberikan kepada konsumen yang melakukan transaksi hingga Rp 700 ribu. Setelah belanja Rp 700 ribu, langsung dipotong 15 persen dan berlaku untuk pembelian berikutnya. Member card ini berlaku hingga satu tahun,” tandas dia.(tea/nda)

Berita Terkait