Berawal dari Doorman, Kini Duduki Kursi Top Management


Perjuangan General Manager Swiss-Belinn Hotel Malang, Gunawan TD Putra, di dunia perhotelan patut diacungi jempol. Pasalnya, pria berkacamata ini memulai karirnya benar-benar dari bawah, yakni sebagai doorman. Berkat kerja keras dan tekad yang kuat, kini ia pun duduk dalam jajaran top management.
Ketika ditemui Malang Post, Gunawan menceritakan jika pekerjaan di dunia perhotelan dimulai sejak tahun 1994, yakni sebagai doorman di hotel melati. Perlahan tapi pasti, langkah Gunawan pun terus beranjak naik. Ia dipercaya untuk bekerja di Hotel Radison, salah satu hotel bintang 4.
“Di hotel tersebut, saya memulai karier sebagai bellboy. Kemudian merangkak sebagai call supervisor, business center, receptionist, Front Office Supervisor dan terakhir sebagai Duty Manager. Total berkarier di sana selama 4 tahun 8 bulan,” terang Gunawan.
Kemudian, Gunawan pindah ke Hotel Arya Duta dan diangkat sebagai Asisten Front Office Manager selama 6 bulan. Prestasi demi prestasi didapatkan sehingga ia dipercaya menjadi Front Office Manager. “Kemudian, saya diangkat menjadi Resident Manager dan pindah ke Arya Duta Residence Surabaya sebagai Building Manager,” jelas Gunawan.
Perjalanan hidup Gunawan pun berlanjut. Sekitar tahun 2013, ia sempat keluar dari hotelier dan bekerjasama dengan beberapa kolega untuk memimpin perusahaan properti di kawasan Surabaya. “Saya berhenti dari dunia hotel, karena saya kebagian saham di sana. Perusahaan tersebut bergerak di bidang kecantikan, transportasi dan project pembangunan hotel juga. Hanya bertahan beberapa bulan saja saya di sana,” papar pria yang memiliki hobi traveling tersebut.
Sekitar tahun 2013, jiwanya terpanggil untuk kembali ke dunia hotelier. Pada tahun yang sama, ia kembali ke hotel dan langsung menjadi general manager hingga saat ini. Ayah tiga anak tersebut mengaku sangat mencintai pekerjannya di dunia perhotelan. “Kerja di hotel sangat menyenangkan. Bisa bertemu banyak orang dengan karakter yang berbeda-beda. Ini bukan pekerjaan, tapi lifestyle,” ujar dia sambil tersenyum.
Menurut Gunawan, bekerja di hotel memiliki hal yang menantang setiap harinya. Apalagi, saat ini ia membawahi sebanyak 120 orang karyawan yang harus memberikan pelayanan optimal kepada para tamunya. “Teamwork adalah bagian dari keluarga. Sudah seperti keluarga sendiri. Dengan begitu, kami dengan mudah merangkul para karyawan dan menyatukan visi dan misi untuk memberikan pelayanan terbaik,” beber dia.
Gunawan menambahkan, untuk menuju sukses, harus memiliki kejujuran dan fokus terhadap cita-cita yang selama ini sedang dikejar. “Jangan mudah menyerah dengan segala kendala yang ada di lapangan. Menikmati pekerjaan, jujur dan fokus, maka hasil yang dicapai akan maksimal,” tandas dia.(amanda egatya/nda)

Berita Terkait