Dongkrak Pendapatan Bekizaar Bidik Komunitas


MALANG POST – Manajemen Bekizaar Hotel bakal memaksimalkan kalangan komunitas, menyusul makin ketatnya persaingan bisnis perhotelan di Surabaya. ‘’Berharap kunjungan wisatawan saja, tidak bisa memenuhi target,’’ tandas Zainul Affandi, General Manager Bekizaar kepada Malang Post di kantornya, kemarin siang.
Bekizaar Hotel adalah hotel milik BUMD Jatim, PT Panca Wira Usaha (PWU) Jatim. Meski letaknya persis di depan Tunjungan Plaza (TP), tidak cukup bagi manajemen untuk berleha-leha. Sebaliknya, berbagai inovasi tetap harus dilakukan.
Menurut Andi - begitu biasa disapa, komunitas di Surabaya jumlahnya cukup banyak sekali. Selain itu, kegiatan mereka bentuknya cukup beragam. ‘’Nah, aneka kegiatan itulah yang kami bidik,’’ ujarnya.
Sebagai contoh, Andi menyebut komunitas Rossifumi Surabaya. Para penggemar dan pendukung Valentino Rossi ini, selalu menggelar nonton bareng di Bekizaar. Setiap nobar minimal 150 orang hadir di dalamnya.
‘’Tidak harus menginap. Tapi mereka nobar di sini saja, sudah bisa mendongkrak penjualan food and beverage. Dan ini baru dari satu komunitas. Bayangkan kalau ada 50, pasti lebih menguntungkan,’’ harapnya meyakinkan.
Nama Bekizaar Hotel diambil dari nama jenis ayam jago khas Jatim. Secara resmi, Bekizaar dioperasikan 12 Oktober 2012 saat kendali PWU Jatim dipegang Arif Affandi. Berkapasitas 96 kamar, terdiri 90 kamar bisnis dan 6 Bekizaar Room.
Saat ini, occupancy room capai 87 persen. Selain menjual kamar, Bekizaar Hotel juga mengandalkan penjualan aneka kuliner. Tamu atau pengunjung bisa menikmatinya di Jaloe Restoran yang berkapasitas 80 orang.
Guna menambah kekhasan sebagai hotel bisnis, Bekizaar Hotel dilengkapi angkringan. Angkringan dengan aneka menu tradisional khas Surabaya ini, berada persis di depan TP Surabaya.
‘’Jika jenuh di kamar hotel, bisa santai di angkringan. Aneka menu dengan harga terjangkau disiapkan setiap hari. Ada ronde, STMJ sampai aneka makanan ringan sebagai teman cangkruk di malam hari,’’ pungkas penggemar berat pembalap Valentino Rossi ini.(has/lim)

Berita Terkait