Ekspor Tembus 1,5 Juta Unit, Yamaha Dikunjungi Presiden Jokowi

Presiden Republik Indonesia Joko Widodo menghadiri seremonial "Pelepasan ke 1,5 Juta Ekspor Motor Yamaha” yang digelar oleh PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), Senin (3/12/18) di Kantor Pusat YIMM, Pulo Gadung Jakarta Timur. 
Dalam sambutannya, Jokowi memberikan apresiasi kepada Yamaha atas pencapaiannya hingga saat ini. 
”Saya sangat senang hadir di sini, di PT Yamaha. Karena, di 2014 produksi untuk ekspor saat itu 23 ribu motor, sekarang 338 ribu motor. Saya senang karena selain ekspor sudah 338 ribu dan nanti, (Senin lalu,Red), kita launching ekspor yang 1,5 juta, ini jumlah yang sangat besar sekali,” ungkap Jokowi dalam sambutannya seperti rilis yang diterima Redaksi Malang Post.
Jajaran kementerian Republik Indonesia yang turut hadir mendampingi presiden yaitu Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto, Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Ketenagakerjaan Hanif Dhakiri, Menteri Sekretaris Negara Pratikno serta Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Tamu undangan lainnya yang datang adalah Duta Besar Jepang untuk Indonesia Ishii Masafumi, jajaran Yamaha Group dan Stakeholders terkait lainnya.
Rombongan presiden disambut meriah President Director & CEO Minoru Morimoto, Excutive Vice President & COO Dyonisius Beti, beserta karyawan PT YIMM. Jokowi itu lantas menyalami para karyawan. Kemudian acara berlanjut dengan makan siang bersama di kantin kantor pusat PT YIMM. 
Selanjutnya Presiden melakukan aktivitas mengunjungi pabrik global YIMM.  Di area tersebut management PT YIMM memberikan penjelasan mengenai proses produksi.  Jokowi menyaksikan sepeda motor Yamaha Xmax selesai dirakit. Bahkan setelah itu Presiden Jokowi naik motor Xmax. Untuk diketahui, skutik MAXI Yamaha itu adalah salah satu produk global yang diekspor Yamaha Indonesia. 
Sementara itu, Excutive Vice President & COO PT YIMM, Dyonisius Beti, mengucapkan terima kasih atas kehadiran Presiden Jokowi. 
”Pada kesempatan ini kami mengucapkan terima kasih kepada bapak Presiden yang berkenan datang melepas ekspor motor ke 1.500.000 dan Complete Knock Down sejumlah 5,3 juta set,” kata dia. 
Acara ini, lanjutnya, sangat berarti dan memotivasi bagi 250.000 karyawan terkait dengan bisnis Yamaha dan 2.000.000 karyawan di industri terkait sepeda motor. 
“Kami dipercaya untuk memproduksi beberapa global model seperti motor sport R Series dan motor automatic MAXI seperti Xmax dan Nmax untuk dipasarkan ke seluruh dunia. Jadi apabila melihat motor tersebut di benua Amerika, Eropa, Australia, Asia dan bahkan di Jepang sendiri, pastilah motor tersebut karya anak bangsa, Made in Indonesia, yang membanggakan Indonesia sebagai sepeda motor “best seller” yang telah dikenal di seluruh dunia,”  papar Dyonisius Beti. (oci)
 

Berita Terkait