Khas Madura, Resep Turun Temurun

LEZAT NIKMAT: Bebek Kacong menyediakan masakan khas Madura dengan cita rasa pedas, disajikan bersamaan dengan serundeng kuning dan tekstur daging lembut// Caption
 
Bebek Kacong
MALANG - Menikmati sajian masakan khas Madura tidak perlu lagi repot-repot datang ke pulau garam, pasalnya Bebek Kacong telah hadir di Kota Malang. Berlokasi di Giant Sawojajar Berong (warung) ini menawarkan sajian bebek pedas dan juga ayam adun.
Bebek pedas dan ayam adun tersebut merupakan makanan khas Madura yang biasanya ada untuk santapan hari raya. Ciri khasnya selain bernuansa pedas juga disajikan bersamaan dengan sambal pencit dan serundeng kuning yang menjadikan cita rasa gurih dan nikmat semakin kental.
"Masakan ini awal mulanya sejak 2012 lalu namun belum menggunakan brand. Dan pada 2016 baru menggunakan nama Bebek Kacong agar mudah diingat. Kacong sendiri artinya anak laki-laki," ujar Owner Bebek Kacong, Risman Dani.
Bebek Kacong saat ini telah melalang buana hingga mempunyai 12 cabang di Jawa timur, antara lain Surabaya, Sidoarjo, dan Malang. Menu bebek di berung ini menggunakan bebek muda sehingga tekstur dagingnya lebih lembut.
Proses memasaknya sebelum digoreng bebek tersebut diungkep selama kurang lebih 30 menit. Baru kemudian diolah sedemikian rupa dengan menggunakan resep rahasia turun temurun dari keluarga. "Selain bebek dan ayam adun, kami menyediakan pula beragam masakan khas Madura. Seperti nasi campur, nasi serpang, rawon, gulai kacang ijo dan soto madura," terang Dani, sapaan akrabnya.
Menu selanjutnya yang best seller yakni nasi serpang dan gulai kacang ijo. Nasi serpang seperti nasi campur dengan isian mie, tongkol suwir, kerang, udang, sayur lodeh dan pelengkap peyek. Sementara gulai kacang ijo ciri khasnya kuah lebih kental. Manis gurihnya kacang ijo itulah yang menjadikan makanan khas Madura ini kaya rasa. Bahkan rasa gajih yang biasanya menyertai gulai, di Bebek Kacong tidak terasa gajihnya. 
 
"Gulai kacang ijo juga dari segi komposisi lebih sehat, bisa menurunkan kolesterol dan tekanan darah. Selain itu gulai di Bebek Kacong tidak menggunakan kambing tapi daging sapi sehingga dijamin rasanya," tandas pria kelahiran Surabaya ini.
Semua varian menu Bebek Kacong bisa didapatkan mulai harga Rp 23 ribu sampai Rp 28 ribu untuk makanan. Sebagai pelengkap Bebek Kacong menyediakan pula menu minuman. Seperti kopi Madura, kobuk hangat, es cao, es timun, dan teh hangat dengan kisaran harga Rp 5 ribu sampai Rp 8 ribu.(lin/lim)

Berita Terkait