Menhub: Penurunan Tiket Harus Ditiru Penerbangan Lain


Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi berharap penurunan harga tiket yang dilakukan Garuda Indonesia Group diikuti maskapai penerbangan lain. Menurutnya, langkah Garuda merupakan contoh baik. Apalagi, Garuda merupakan pemimpin pasar penerbangan di Indonesia.
"Harusnya diikuti oleh penerbangan lain karena Garuda adalah penerbangan utama di Indonesia. Apalagi sekarang sudah bergabung dengan mereka, Sriwijaya. Tentunya dia menjadi 'market leader' kalau ada penurunan pastinya ada penyesuaian di penerbangan yang lain," katanya diberitakan Antara, Jumat (15/2).
Budi yakin harapan tersebut terwujud. Menurutnya, Lion Air juga mempunyai niat untuk memberlakukan tarif terjangkau bagi masyarakat. Keluhan masyarakat atas tingginya harga tiket pesawat membuahkan hasil.
Kamis (14/2) kemarin, Garuda Indonesia Group mengumumkan memenuhi keluhan masyarakat dengan menurunkan harga tiket pesawat sebesar 20 persen. Penurunan tarif diberlakukan mulai Kamis kemarin dan berlaku untuk seluruh rute penerbangan domestik.
Direktur Utama Garuda Indonesia Ari Ashkara mengatakan penurunan dilakukan untuk mematuhi arahan Presiden Jokowi. Sebagai informasi, sehari sebelum penurunan harga tiket dilakukan Garuda, Jokowi memang mengimbau maskapai penerbangan untuk menurunkan harga tiket pesawat.
Dalam imbauan yang disampaikan menteri perhubungan tersebut, Jokowi berharap harga tiket pesawat bisa diturunkan pekan ini. (cnn/oci)

Berita Terkait