Pajak Kita Untuk Kita


MALANG - Kanwil Direktorat Jendral Pajak (DJP) Jawa Timur III menggelar media gathering di Golden Heritage Coffee, Kamis (24/1) malam. Kegiatan kali ini dihadiri langsung oleh Ketua Kanwil DJP Jawa Timur III Rudy Gunawan Bastari.
Dalam sambutan, Rudy sapaan akrabnya turut memberikan apresiasi terhadap rekan media atas peran serta dalam menyampaikan kepada masyarakat. Baik melalui surat kabar maupun online terkait pentingnya membayar pajak. Seperti tagline DJP Pajak Kita Untuk Kita artinya semakin banyak penerimaan pajak akan semakin besar pembangunan yang bisa dikejar.
"Pajak menekankan kebersamaan supaya negara kita menjadi negara yang kuat, disegani, sejahtera dan mampu berpijak di kaki sendiri. Penerimaan pajak tahun ini sekitar 1.900 triliun, tahun depan apabila bisa mencapai 2 ribu trilliun kita akan bisa membangun semuanya seperti sekolah dan infrastruktur lainnya," urai Rudy.
Sementara itu, Kepala Bidang Penyuluhan, Pelayanan dan Hubungan Masyarakat (P2Humas) Kanwil DJP Jatim III Eko Budihartono menyampaikan, tahun 2018 penerimaan pajak sebesar 29,54 triliun atau 93,67 persen dari target penerimaan sebesar 31,53 triliun.
"Total pertumbuhan penerimaan pajak selama 2018 juga mengalami peningkatan yakni sebesar 13,1 persen. Hal ini terjadi lantaran adanya kenaikan jumlah wajib pajak bayar yang mengalami pertumbuhan sebesar 51,7 persen dan jumlah pajak terdaftar naik 6.5 persen," ungkap Eko.
Lanjut Eko,pertumbuhan pajak untuk Kanwil DJP Jatim III selama 2018 paling banyak didorong oleh pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM). Artinya UMKM semakin menunjukkan perannya dalam pertumbuhan ekonomi negara. "Kontribusi UMKM dalam penerimaan pajak meningkat menjadi 241, 83 miliar," jelasnya.(lin/lim)

Berita Terkait