Peaberry, Kopi Lanang Sensasi Rempah


MALANG - Tak banyak kafe, kedai atau tempat nongkrong yang menyediakan kopi lanang. Namun jenis kopi tersebut dapat dijumpai di Peaberry jalan Ikan Tombro Kota Malang. Sesuai namanya, setiap sajian memfokuskan pada proses manual brew dengan metode V60, Kalita wafe, Aeropress, dan French Press.
Peaberry tentu berbeda dengan biji kopi lainnya yang mana dalam satu buah cherry kopi hanya terdapat satu biji kopi berbentuk bulat dan tunggal. Selain itu, cita rasa yang dihasilkan dari jenis ini lebih tinggi dengan aroma wangi dan rasanya lebih padat.
"Kopi lanang sendiri memiliki banyak manfaat khususnya untuk kalangan laki-laki dalam menjaga stamina, menjernihkan pikiran dan cocok  bagi mereka yang sering beraktivitas di malam hari," ujar Owner Peaberrry, Jati Dwi Lifahwati.
Ia melanjutkan, dengan biji kopi lanang cita rasa setiap sajiannya memiliki rasa yang khas. Yaitu kompleksitasnya dengan acidity rendah, manis rasa coklat, kacang dengan body tebal dan aromanya kuat. Serta ada sensasi rempahnya, sehingga memberikan kenikmatan berbeda.
"Di Peaberry, kopi lanang ada dua jenis pilihan yakni Peaberry dan Longeberry, disajikan secara manual brew dengan dua pilihan Tubruk Premium atau V60 per flat bottom. Harganya cukup terjangkau yakni Rp 8 ribu hingga Rp 17 ribu," terang Jati, sapaan akrabnya.
Demi mendapatkan biji kopi berkualitas, Peaberry memilih memasoknya langsung dari petani. Greenbean yang didatangkan langsung dari Malang Raya, Situbondo, Lumajang, Aceh, Bali, Mataram, Toraja, Sulawesi hingga Flores tersebut lantas dilakukan proses roasting.

Berita Terkait