Apple Gandeng Perusahaan Jack Ma


JAKARTA - Apple berusaha meningkatkan penjualan iPhone yang tengah lesu di salah satu pasar terpenting, yaitu China. Mereka pun menggandeng perusahaan keuangan milik Jack Ma. Perusahaan itu adalah Ant Financial Service Group yang merupakan bagian dari Alibaba. Melalui Ant dan juga beberapa bank lokal, Apple menawarkan pembelian iPhone yang bisa dicicil dan tanpa bunga.
Dikutip dari Reuters, ini adalah kali pertama Apple melakukan strategi semacam itu di Negeri Tirai Bambu. Penjualan iPhone di sana memang tengah mengkhawatirkan. Di kuartal IV 2018, biro riset IDC melaporkan pengapalan iPhone anjlok 20 persen dari tahun sebelumnya.
Apple mempromosikan skema pembayaran baru di situsnya, di mana konsumen bisa mencicil sekitar USD 40 per bulan untuk membeli iPhone XR dan sekitar 362 yuan per bulan untuk iPhone XS. Peminat bisa pula menukar iPhone lama mereka untuk mendapat cicilan lebih rendah.
Konsumen yang membeli produk minimal 4.000 yuan dari Apple bisa mencicil tanpa bunga dalam jangka waktu 3 sampai 24 bulan. Itu berarti termasuk iPhone XR yang dijual 6.499 yuan dan iPhone XS dibanderol 8.699 yuan.
Skema cicilan ditawarkan melalui Huabei, layanan kredit konsumen yang dijalankan Ant Financial. China Construction Bank Corp, China Merchants Bank, Agricultural Bank of China serta Industrial and Commercial bank of China juga menawarkan cicilan iPhone anyar.
Tentu tujuannya adalah agar orang mau membeli iPhone karena meski harganya mahal, dapat dicicil dalam waktu cukup lama. Anjloknya penjualan iPhone ditengarai terjadi lantaran vendor lokal semakin diminati karena banderol murah serta banyak inovasi.(dtc/lim)

Berita Terkait

Berita Lainnya :