Galaxy M20, Lebih Mahal Dibanding India


JAKARTA - Samsung Galaxy M20 resmi meluncur di Indonesia setelah sebelumnya diperkenalkan di India bulan lalu. Nah, harga Galaxy M20 di Indonesia ternyata lebih tinggi ketimbang di Negeri Gangga. Kenapa?
Di Tanah Air, Galaxy M20 memiliki harga Rp 2.799.000. Sedangkan di India, banderolnya adalah 10.900 rupee, atau sekitar Rp 2,1 juta jika dikonversikan. Harga yang dibandingkan ini sama-sama untuk Galaxy M20 versi RAM 3GB dan ROM 32 GB.
Bahkan, untuk Galaxy M20 dengan opsi RAM 4 GB dan ROM 64 GB, yang saat ini baru tersedia di Negeri Bollywood, harganya masih lebih rendah ketimbang di sini yaitu 12.990 rupee atau Rp 2,5 juta. Lantas, apa kata Samsung terhadap hal itu?
"Jadi, setiap negara memiliki kebijakan masing-masing untuk menentukan harga," ucap Senior Product Marketing Manager Samsung Electronics Indonesia Selvia Gofar di acara Unboxing Galaxy M20, Senin (11/2/2019).
"Samsung juga melihat adanya kompetisi perbandingan dengan yang lain juga dan memutuskan untuk menjual dengan harga yang sekarang. Dan itu juga disesuaikan dengan strategi masing-masing subsidiary," katanya menambahkan.
Lebih lanjut, Selvia juga menyebut bahwa harga yang dipatok tidak cuma semata-mata melihat spesifikasi ponsel. Layanan purna jual juga diperhatikan dalam menentukan banderol sebuah smartphone.
"Kita juga percaya bahwa Samsung sendiri memilki layanan after sales yang juga kita pikirkan. Jadi tidak sekadar spek dan perangkatnya sendiri tapi kita juga melihat adanya beberapa aspek lain yang harus kita lihat dalam menentukan harga," pungkasnya.(dtc/lim)

Berita Terkait

Berita Lainnya :