Redmi Note 5A, Menengah nan Menggoda


MALANG POST - Pada awal November, Xiaomi resmi memperkenalkan ponsel kelas menengahnya yakni Xiaomi Redmi Note 5A di Indonesia. Harga yang ditawarkan pun cukup terjangkau cukup dengan Rp 1,499 juta.
Meski dibanderol terjangkau, spesifikasi dan fitur yang ditawarkan terbilang mumpuni. Sekilas desain Xiaomi Redmi Note 5A tidak berbeda jauh dengan pendahulunya Redmi Note 4A. Ponsel yang dibalut casing berbahan metal ini memiliki tampilan depan yang polos tanpa adanya tombol fisik.
Di atas layar terdapat kamera depan, earpiece dan titik sensor. Lalu di bagian bawah layarnya, terdapat tiga tombol kapasitif LED untuk memudahkan bernavigasi. Tombol fisik ada di bagian sisi kanan ponsel yang terdapat tombol volume suara dan tombol power, sementara sisi kirinya untuk menempatkan dual slot sim card.
Di sisi atas terdapat port audio 3,5mm dan titik infrared yang berfungsi untuk menjalankan aplikasi Mi Remote. Tanpa perlu saling dihubungkan, remote ini sudah bisa berjalan seperti meningkatkan volume suara TV.
Sementara bagian bawahnya ada speaker, dan untuk chargingnya Redmi Note 5A masih menggunakan port Micro USB. Beralih ke bagian belakang, peletakkan kamera sejajar dengan lampu LED Flash. Note 5A sendiri dibekali kamera 13 megapiksel.
Dilihat tampilan secara keseluruhannya, desain unibodi ponsel ini cukup menarik dengan desain sudut yang dibuat membulat simetris. Untuk menggenggamnya, Note 5A juga cukup terasa nyaman.
Sayangnya tidak ada fitur finger print pada ponsel ini seperti kebanyakan ponsel saat ini. Sementara di bidang layar Redmi Note 5A, sudah dilapisi dengan Corning Gorilla Glass, memiliki bentang layar 5,5 inch dengan resolusi 1280 x 720 pixel.
Tampilan layarnya terbilang standar. Apalagi ketika ponsel ini dioperasikan di bawah sinar matahari, visibiltasnya jadi kurang baik. Jadi untuk mengakalinya, harus ditingkatkan kecerahan layar pada pengaturan ponsel.
Redmi Note 5A juga menyematkan fitur Reading Mode. Ketika sudah diaktifkan yang dapat diatur di pengaturan Display, layar ini akan otomatis menguning sehingga mata akan tetap terasa nyaman saat menatap layar ponsel.
Smartphone ini dibekali prosesor quad core Snapdragon 425. Tersemat pula RAM 2 GB dengan memori internal 16 GB yang masih bisa ditambah lagi dengan slot microSD. Ponsel ini beroperasi di Android 6.0.1 Nougat yang dikemas dalam balutan tampilan interface MIUI 8.
Untuk daya tahan baterai, ponsel ini memiliki kapasitas 3.080 mAh. Mengingat ini bukan ponsel fast charging, jadi dalam pengisian ulangnya butuh waktu sekitar 4 jam untuk mengisi dayanya hingga baterai penuh. (dk/mar)