Sensor Jantung di Apple Watch Makin Canggih


MALANG - Sejak awal hadir, sensor jantung optik telah tersemat di Apple Watch series pertama yang memungkinkan memeriksa jantung dengan cepat. Baru-baru ini Apple kembali mengupgrade sensor tersebut pada series 4 sehingga fungsi menjadi lebih canggih bahkan bisa mendeteksi detak jantung hingga ke ambang batas.
Misal ketika pengguna pingsan dan jantung tidak ada pergerakan hingga 10 menit maka Apple Watch Series 4 akan secara otomatis menghubungi emergency call. Tak hanya itu, smart watch terbaru ini juga memiliki daya baterai hingga 18 jam sekali pengisian.
"Apple Watch Series 4 ini ada dua tipe. Yaitu  layar dengan ukuran 40 mm dan 44 mm. Biasanya ukuran besar mayoritas peminatnya dari kalangan laki-laki tetapi kembali lagi kepada selera customer," ujar karyawan Story i Malang, Silvy Novita.
Perbedaan dari kedua tipe Apple Watch Series 4 terletak pada lebar layar sementara untuk spesifikasi semua dipastikan sama. Harga yang ditawarkan pada tipe 40 mm adalah Rp 7.1 juta dan Rp 7.6 juta untuk tipe 44 mm.
Apple Watch Series 4 tersedia dalam tiga pilihan warna yaitu grey, silver dan gold. Menggunakan prosesor chip S4 yang sepenuhnya dengan adanya silicon in package (SiP) yang memungkikan Series 4 memiliki kemampuan luar biasa. Seperti dua kali lebih cepat dan speaker 50 persen lebih lantang dibanding pendahulunya.
"Dari segi desain, Apple Watch Series 4 tampil lebih tipis dari produk sebelumnya. Sudut lengkung layar yang lebih besar yang memungkinkan lebih banyak menampilkan informasi dengan detail lebih kaya," urai Silvi.
Digital Crown kembali dihadirkan dengan tujuan agar menavigasi Apple Watch Series 4 lebih mudah tanpa mengutak atik layar. Secara keseluruhan seri terbaru ini 30 persen lebih kecil namun 21 persen komponen yang disuguhkan lebih banyak.(lin/lim)

Berita Terkait