Tantang Technopreneur Muda Ciptakan Aplikasi

 
MALANG – Telkomsel kembali menggelar kompetisi The NextDev, ajang inkubasi bagi startup pengembang aplikasi digital. Program yang telah berlangsung untuk kali ketiga ini telah menjaring lebih dari 1400 aplikasi dari seluruh Indonesia. Telkomsel menggelar ajang ini untuk mendorong anak muda Indonesia agar dapat berkompetisi di era digital.
Mengusung tema Karya Anak Bangsa untuk Solusi Indonesia, The NextDev 2017 menantang kawula muda untuk  menciptakan aplikasi digital yang dapat memberikan dampak positif untuk mendukung pengembangan ekosistem digital dan pembangunan Indonesia dalam konteks digital.
Dalam roadshow yang digelar di Kota Malang, Jumat (11/8), The NextDev mengumpulkan komunitas startup digital dan developer lokal untuk mengikuti sosialisasi kompetisi. Head of Product Tiket.com, Handaru Sakti hadir dalam sosialisasi dan membagikan inspiring startup talk kepada komunitas startup digital dan developer lokal yang hadir. Selain itu, sesi networking dan sharing diharapkan dapat menumbuhkan ide-ide baru dalam mengembangkan aplikasi digital. 
General Manager Youth and Community Telkomsel Area Jawa Bali, Retno Wardani mengatakan, komunitas dan startup digital dan developer lokal dari Malang banyak yang potensial. Untuk itu, Kompetisi The NextDev menjadi wadah yang tepat bagi potensi-potensi ini. “Developer lokal dapat lebih terdorong untuk berkontribusi positif dengan memanfaatkan teknologi secar atepat guna, mengkreasikan aplikasi digital yang mampu mengatasi masalah di masyarakat. Outcome berupa aplikasi digital yang dihasilkan diharapkan dapat mempermudah aktivitas seluruh elemen masyarakat dan bermanfaat,” urainya.
The NextDev 2017 fokus pada isu-isu fundamental pembangunan Indonesia dalam konteks digital, yakni ekosistem pendukung kehidupan masyarakat Indonesia, baik perkotaan maupun pedesaan. Dalam kompetisi ini, kategori yang dihadirkan antara lain kesehatan, pendidikan, pertanian dan transportasi.
Tim terbaik dari masing-masing kategori akan mendapatkan hadiah menarik yang disebut 7M, yakni Market Acces (akses pasar), Marketing (publisitas), Mentoring (pelatihan dan pendampingan), Management Trip (study visit ke pelaku industri telekomunikasi di luar negeri), Money (uang tunai), Monetizing (peluang besar untuk memperoleh pendapat melalui kolaborasi dengan stakeholder terkait), dan Match Expert (perekrutan professional sesuai dengan kebutuhan untuk pertumbuhan bisnis startup). 
Kompetisi ini dikhususkan untuk WNI usia 18-30 tahun. Peserta dapat mendaftarkan secara individu atau tim (maksmimal tiga orang) paling lambat 7 Oktober 2017 mendatang. (nda)

Berita Lainnya :