Tren Minat Ponsel Bergeser

 
MALANG - Saat ini terjadi pergeseran minat orang Indonesia di ranah ponsel. Banyak konsumen mulai berburu ponsel di rentang harga yang lebih tinggi. Sebelumnya, segmen paling seksi di industri ponsel, terletak di rentang harga Rp 1 jutaan hingga Rp 2 jutan. 
Tapi sekarang, arahnya telah bergeser ke harga lebih tinggi, yakni di rentang Rp 3 jutaan hingga Rp 4 jutaan. Tren ini juga membuktikan kalau telah terjadi peningkatan daya beli oleh masyarakat Indonesia. 
Apalagi tiap-tiap vendor ponsel Android mempunyai produk yang masing-masing mempunyai nilai khas sendiri di mata customer. Baik itu dari sisi design serta penampilan, feature penambahan. Harga yang lebih berkompetisi, bakal memperoleh perhatian lebih. 
Di samping juga, konsumen Indonesia makin kritis mempertimbangkan produk yang akan dibelinya. “Pasarnya sudah bergeser. Tadinya di rentang Rp 2 juta, maka sekarang sudah naik ke angka Rp 3 juta ke atas,” kata Andian, pemilik Dia Cell, Malang Plasa. 
Alasannya, konsumen yang membeli smartphone berharga Rp 3 jutaan ke atas sudah mulai peduli terhadap fitur yang dibawa ponsel tersebut. Harga ponsel Android Rp 3 jutaan paling banyak dicari customer bukan sekedar mempunyai rangkaian produk tercanggih vendor terkenal.
“Tetapi juga vendor lokal yang saat ini sudah disadari keberadaannya. Meskipun tak sepopuler pabrik handphone Android global, namun sekurang-kurangnya kemunculan produsen lokal sudah bercahaya di negeri sendiri,” urai dia. 
“Apa yang bisa mereka dapat dengan membayar harga segitu,” ungkapnya. Dengan beragam jenis pilihan handphone harga Rp 3 jutaan, customer juga tidak kesulitan untuk memastikan ponsel mana yang lebih pas dibeli. 
Sebaliknya, pengguna ponsel Rp 1 jutaan biasanya jarang peduli fitur. Hal ini juga sempat diungkapkan Adrie R. Suhadi, Country Manager MBG Lenovo Indonesia. Kepada Malang Post, ia mengatakan  bergesernya tren konsumen ini memberi keuntungan bagi produsen. 
“Pasalnya produsen yang memasarkan ponsel di segmen harga cukup tinggi jadi optimis. Apalagi kebanyakan ponsel di segmen tersebut kerap menonjolkan fitur, di samping spesifikasi yang juga mumpuni,” ungkapnya.
“Oleh karenanya Moto Z2 Play harga Rp 6,5 juta kami optimis. Apalagi pengguna Indonesia banyak yang mau membeli ponsel mahal untuk mementingkan gaya,” tegas Adrie. Ia optimis pertumbuhan penjualan ponsel Rp 3 jutaan cukup baik tahun ini. (mar) 
 

Berita Terkait

Berita Lainnya :