WhatsApp Batasi Forwarded ke Pengguna



JAKARTA -  Setelah melakukan pengujian bulan lalu, WhatsApp mulai mengirimkan fitur pembatasan jumlah pesan terusan (forwarded) ke pengguna. Hadirnya fitur ini untuk makin mengurangi penyebaran hoax yang berseliweran di layanan pesan tersebut.
Pengguna iPhone di India menjadi yang pertama mencicipi fitur tersebut lewat pembaruan WhatsApp versi 2.18.81. Hal ini cukup beralasan karena Negeri Gangga itu menjadi negara paling banyak meneruskan pesan, foto dan video dibandingkan lainnya. Ditambah lagi banyaknya korban tewas akibat berita hoax dan provokatif yang dikirim secara berantai.
Seperti lampiran gambar yang dilansir dari Beebom, Rabu (8/8/2018) pada gambar tersebut menjelaskan apabila pengguna mengirim pesan terusan lebih dari lima kontak maka WhatsApp akan memberikan pop-up peringatan untuk bahwa kontak yang dikirim sudah mencapai batas maksimal.
Untuk negara selain India, WhatsApp akan membatasi pesan terusan hingga 20 kontak. Sebelum fitur ini dirilis, WhatsApp bisa melakukan penerusan pesan hingga ratusan daftar kontak. Sebelumnya diberitakan WhatsApp menghadirkan fitur 'label' untuk pesan yang telah diteruskan oleh pengguna lain. Kehadiran fitur label tersebut langsung diumumkan oleh WhatsApp melalui blog resminya.
"Fitur ini akan membantu membuat obrolan satu lawan satu dan grup lebih mudah diikuti. Ini juga membantu Anda menentukan apakah teman atau kerabat Anda menulis pesan yang mereka kirim atau berasal dari orang lain," tulis WhatsApp.
Penandaan label ini berlaku untuk semua pesan baik dalam bentuk teks, gambar, video, dan audio. Tanda tersebut akan muncul dengan tulisan forwarded di bagian atas pesan tersebut.(dtc/lim)

Berita Terkait

Berita Lainnya :