Xiaomi dan Oppo Membayangi Samsung


MALANG - Mungkin secara umum, masyarakat bisa menerka smartphone apa yang paling laris dan disukai masyarakat. Wartawan Malang Post mencoba mengecek secara pasti data penjualan smartphone yang paling laris di empat pusat penjualan smartphone.
Di Indocell, menurut Jimmy, saat ini, tiga hot item ponsel yang paling banyak diburu masyarakat adalah Xiaomi, Oppo dan Samsung. Untuk penjualan Xiaomi, rata-rata penjualan sekitar 1.000 unit per bulan. Kemudian, untuk Oppo, sekitar 800 unit per bulan. “Sementara untuk Samsung, sekitar 700 unit per bulan,” tandas dia.
Owner Sega Celullar, Petrus Kristianto menyatakan, sejauh ini, merek ponsel yang paling banyak diburu di tokonya adalah Samsung, yang setiap bulannya laku terjual sebanyak 600 unit, Oppo sekitar 150 sampai 180 unit dan Xiaomi sebanyak 150 unit. "Ponsel-ponsel tersebut banyak diburu karena harganya terjangkau dan memiliki spesifikasi yang tinggi,"  ujarnya kepada Malang Post.
Pada kuartal pertama tahun 2018 ini, Store Head Meteor Cell Gajayana Retmon menambahkan, brand smartphone yang paling banyak diincar oleh pembeli adalah dari brand Xiaomi dan Samsung. Xiaomi sudah lama diketahui sebagai brand smartphone yang murah dengan spesifikasi tinggi, dengan paling banyak smartphone yang terjual adalah Xiaomi Redmi 5A dengan harga Rp 1.3 juta.
Sedangkan produk Samsung paling banyak terjual adalah dari seri J, yaitu seri middle range Samsung. “Untuk Xiaomi, kami sering kehabisan stok dari distributor karena persaingan untuk mengambil stok brand Xiaomi begitu besar. Sedangkan untuk Samsung seri J, karena terdiri dari banyak tipe dengan banyak spesifikasi, cocok dengan kebutuhan smartphone kelas menengah masyarakat saat ini,” pungkasnya.
Store Head Oppo Store Malang Plaza, Vita Maharani mengatakan, dari produk smartphone Oppo yang sedang trend saat ini, adalah produk terbaru Oppo yaitu F7. Untuk produk paling larisnya, adalah produk F7 warna silver dengan RAM 4 GB dengan banderol harga Rp 4.199 juta.  “Karena produk di gerai Oppo resmi dari Oppo, sehingga penjualan kami maksimalkan di smartphone flagship high end Oppo saat ini, yaitu F7,” pungkasnya.(mg4/tea/lim)

Berita Lainnya :