Akuisisi Toko Modern, Pemkot Siapkan BUMD


MALANG - Keberadaan UMKM kota Malang akan menjadi perhatian Pemerintah Kota Malang. Saat ini Pemkot tengah membahas rancangan atau skema mengelola produk UMKM agar dapat bersaing dengan pengelolaan toko modern.
Salah satunya dengan membentuk BUMD  aneka usaha yang dapat melakukan akuisisi toko modern kedepannya.
"Rencananya produk UKM kita akan kita beli. Produk itu nanti akan dikelola oleh pemerintah istilahnya seperti titip jual. Tapi masih akan kita kaji lagi. Semangatnya agar UKM bisa terus terangkat," papar Wali Kota Malang Sutiaji.
Orang nomor satu di Pemerintah Kota Malang ini menjelaskan, rencana ini dapat mengakomodir produk UKM Kota Malang yang kemudian dibantu pemasarannya. Bisa juga diakuisisi dengan toko modern seperti yang dilakukan di daerah Kulonprogo.
Rencana mengakomodir produk UKM ini juga akan diintegrasikan dengan sistem pemasaran lainnya. Seperti, jika OPD yang membutuhkan produk UKM, maka akan disediakan di BUMD aneka usaha ini.
Sementara itu untuk sistem akusisi. Sutiaji menjelaskan produk UKM akan dijadikan satu di sebuah tempat usaha yang sudah besar sebelumnya. Lalu dikusisi pemerintah menjadi salah satu pusat usaha UKM dari seluruh Kota Malang.
"Ini sistemnya lebih terpadu. Nanti produk produk UKM bisa jadi satu di satu tempat. Agar mudah produksi dan mudah pemasarannya juga," jelasnya.
Sementara untuk toko modern akan dilibatkan. Rencananya bentuk dukungan pemerintah terhadap tumbuh kembangnya UKM akan melibatkan retail modern. Salah satunya menempatkan bagian ruang tersendiri di toko modern untuk produk UKM Kota Malang. Hal ini dikatakan Sutiaji akan masuk dalam pembahasan Ranperda toko modern yang tengah dibahas.
"Nanti juga bisa saja kita bentuk koperasi besar untuk UKM ini. Intinya kita betul akan pikirkan peningkatan produk UKM," pungkasnya. (ica/aim)

Berita Terkait

Berita Lainnya :