Dorong Produk UMKM Sasar Pasar Online


BATU - Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) Kota Batu siapkan pasar online khusus bagi pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Pasalnya saat ini perkembangan e-commerce sangat pesat. Selain itu membantu meningkatkan penjualan.
Pengelola Pusat Layanan Usaha Terpadu-Koperasi Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (PLUT) Kota Batu, Andry Yunanto mengatakan, tujuannya mendorong UMKM memanfaatkan teknologi untuk perluasan pasar. Sebab melalui pasar online ini akan bekerja sama dengan pihak perusahaan untuk menyimpan produk usaha.
"Pasar online ini berlaku bagi semua jenis usaha di Kota Batu. Meski diketahui UMKM di Kota Batu sudah banyak yang berjulan melalui e-commerce," ujar Andry kepada Malang Post, Jumat (15/3) kemarin.
Ia menjabarkan beberapa produk asal Kota Batu sudah dipasarkan secara online. Di antaranya di belanja.com, bukalapak, hingga lazada. Karena belum maksimal, tahun ini pihaknya akan memberikan sosialiasi.
Diskoperindag mencatat di Kota Batu terdapat sekitar 14.000 UMKM. Melalui pasar online, diharapkan produk semua UMKM dapat terserap.
Meskipun begitu, diungkapnya marketing online juga memiliki kelebihan dan kekurangan. Misalnya untuk kelebihan produk bisa diketahui pembeli dari berbagai daerah. Bahkan hingga luar negeri.
"Sementara untuk kekurangan pelaku usaha harus sering promosi dan update. Bahkan produk yang dimiliki juga harus di packing dengan menarik," bebernya. Hal tersebut juga menjadi tantangan bagi pelaku usaha saat memasuki pasar online.
Lebih lanjut dia mengingatkan, untuk persyaratan bagi pelaku usaha makanan dan minuman harus memiliki izin dari BPOM. Atau memiliki Produk Industri Rumah Tangga (PIRT). "Pasalnya izin tersebut adalah syarat utama agar bisa dipasarkan dan mendapatkan kepercayaan dari konsumen," imbuhnya.
Selain itu, produk yang ditawarkan dalam pasar online mmeang harus menarik dan berkualitas. Karena itulah, pelaku usaha bakal dapat pelatihan untuk memasarkan secara online. Begitu juga dengan strategi dalam pemasaran online. (eri/van)

Berita Terkait