Kenalkan UKM Melalui Ladies Programme

 
MALANG - Kegiatan Rakernas APEKSI juga diisi dengan kegiatan Ladies Programme. Pada hari terakhir kemarin, Ketua TP PKK Kota Malang, Dewi Farida Suryani selaku tuan rumah mengajak seluruh istri wali kota berkeling kota. Mereka mampir di beberapa UKM unggulan di antaranya, PKK Corner, Antique Batik dan Maharani Embroideryhandicraft. Sekitar pukul 08.00 WIB, rombongan berangkat dari hotel dengan menggunakan 15 minibus. Dengan waktu kunjungan yang relatif singkat, hal tersebut dimanfaatkan para peserta dengan sebaik mungkin.
“Kegiatan hari ini berkunjung ke beberapa UKM di Kota Malang. Kami juga ajak mereka jalan-jalan berkeliling kota sehingga bisa menikmati kondisi Kota Malang,” papar Ketua TP PKK Kota Malang Hj. Dewi Farida Suryani, 
Tujuan pertama adalah PKK Corner yang terletak di Jalan Tangkuban Perahu. Berbagai produk unggulan UKM Kota Malang dijual dan juga dipamerkan disana.
“Tidak hanya menawarkan produk saja, pengrajin juga kami hadirkan disini untuk memberikan pelatihan kepada tamu bagaimana cara membuat kerajinan tersebut, kalau disini kerajinan decoupage yang kami tampilkan,” ujar wanita yang akrab disapa Umi Farida ini.
Dengan adanya pelatihan singkat tersebut, ia berharap para peserta membeli bahan secara langsung sehingga bisa belajar dan juga menghasilkan sebuah produk.
“Karena ini merupakan produk UKM asli dari Kota Malang, mudah-mudahan bisa dikenal di seluruh nusantara,” lanjut Umi.  
Kemudian, perjalanan berlanjut ke Antique Butik yang terletak di Jalan Pekalongan. Disana, para pengunjung dimanjakan dengan sajian kreasi batik yang dibuat dalam bentuk kain maupun baju jadi. Selain itu, mereka juga disuguhi jajan pasar khas Malangan seperti gatot, lopis, cenil, bledhus dan juga rujak manis.
Setelah puas bertandang disana, perjalanan langsung dilanjutkan lagi ke Maharani Embroideryhandicraft yang terletak di Kawasan Perumahan D’Wiga. Di tempat ini para peserta kembali disuguhkan kerajinan Embroideryhandicraft dalam bentuk sprei, sarung bantal, taplak meja hingga tempat tissue. Disana, mereka juga disuguhi Bakso Malang serta rujak cingur. Melalui kegiatan kunjungan UKM tersebut, Umi berharap para pelaku UKM bisa merasakan dampak positif dari kunjungan tersebut.
“Tidak hanya itu, perhotelan, transportasi hingga kuliner juga akan merasakan dampak positif kareana event ini,” lanjut Umi.
Ia menambahkan, banyak PKK dari kota lain yang menjadwalkan berkunjung lagi ke Kota Malang.

 

“Ada dari Gorontalo, Bitung dan banyak lagi. Alhamdulillah, mereka ingin belajar lebih. Mereka kebanyakan tertarik pada  PKK Corner bagaimana cara mengumpulkan dan mengawalinya. Selain itu, berbagai prestasi yang berhasil diraih oleh kota Malang juga ingin dipelajari,” tandas dia. (mg16/van)

Berita Terkait

Berita Lainnya :