Percepatan Kenaikan Kelas UMKM


MALANG -  Pemerintah Kota (Pemkot) Malang fokus melakukan pengembangan Usaha Kecil Menengah (UKM) untuk bisa naik kelas. Salah satunya melalui pelatihan dan bimbingan teknis (bimtek) pemasaran produk mikro secara online yang digelar Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kota Malang Selasa (26/3), di Hotel Maxone.
Puluhan pelaku usaha sudah berkumpul untuk mengikuti pelatihan. Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kota Malang, Tri Widyani Pangestuti mengungkapkan, pihaknya ingin memberikan pendampingan usaha mikro untuk bisa naik kelas.
"Melalui acara yang digelar selama dua hari, yakni Selasa dan Rabu (hari ini, red), para pelaku usaha betul-betul serius mengikuti pelatihan ini. Supaya mampu bersaing di kancah nasional maupun internasional dalam pemasaran produk," terang dia.
Hal tersebut dilakukan seiring sejalan dengan visi misi wali Kota Malang, dalam lima tahun ke depan, ingin mengembangkan ekonomi kreatif yang berbasis kerakyatan. "Oleh karena itu, kami memberikan pelatihan semacam ini. Supaya visi misi tersebut tercapai," kata perempuan yang akrab disapa Yani itu.
Untuk mewujudkan hal tersebut menurutnya tentunya tidak mudah. "Beban APBD cukup banyak. Sehingga ada efisinesi anggaran, dimana bisa berdampak luas untuk kesejahteraan masyarakat juga," terangnya.
Selain itu, pihaknya juga meminta para pelaku usaha supaya konsisten terhadap penjualan produk. "Jangan sampai mengecewakan konsumen. Kalau sampai dia (konsumen) kapok, maka habislah. Jadi, kalau melakukan pemasaran produk, baik online maupun konvensional harus betul-betul ditekuni," tambahnya.
Salah satu peserta, Ilham Ismail, 17 mengungkapkan, saat ini, ia sedang mengembangkan usahanya, yakni Kampung Hidroponik di Buring. "Ikut pelatihan dinas seperti ini cukup sering," terang dia.
Dalam mengikuti pelatihan tersebut, pria berkacamata tersebut mengaku sangat antusias. "Bisa menambah ilmu dan juga kenal dengan orang baru. Bisa saling belajar. Supaya bisa dapat ilmu lebih banyak lagi," pungkas dia.(tea/aim)

Berita Terkait