Targetkan Transaksi Rp 8,8 Miliar

MALANG - Lebih dari 122 Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) meramaikan Parade UMKM BRI, yang digelar di halaman parkir Stadion Gajayana Malang, hari ini hingga Minggu (21/5/17). Ditargetkan akan ada 7.000 lebih pengunjung dengan nilai transaksi di atas Rp 8,8 miliar.
Senior Executive Vice President UKM dan Konsumer BRI, Supari menyebutkan, pihaknya optimis target tersebut akan terpenuhi, sebab event ini tak hanya memamerkan produk-produk UMKM. Ada ragam acara selama kegiatan berlangsung, seperti coaching clinic bagi pelaku UMKM, workshop terkait UMKM bagi para pengunjung, hingga hiburan dari artis ternama Andra and The Backbone dan Fitri Carlina.
“Kami optimis target itu akan terlampaui. Sebab Malang sebagai kota pariwisata pastinya akan menarik hati para pengunjung untuk hadir dalam Parade ini,” katanya.
Dia mengatakan, dalam Parade UMKM ini pengunjung tidak akan menggunakan uang tunai dalam bertransaksi. Untuk membeli produk di area Parade UMKM, pengunjung wajib menggunakan kartu Brizzi edisi spesial Malang, yakni Brizzi Ongis Nade.
“Nantinya mereka bisa mengisi saldo di tenant BRI sesuai dengan kemampuannya, dan setelah acara bisa digunakan untuk belanja keperluan lain,” tuturnya.
Supari mengatakan, pameran tersebut dimaksud untuk memperkuat posisi BRI dalam memberdayakan UMKM. Dengan dukungan yang diberikan BRI, diharapkan UMKM bisa naik kelas dan semakin menggerakkan perekonomian seperti halnya menyerap tenaga kerja, menambah pendapatan daerah dan lain-lain.
 
Dia mengatakan, selama ini masalah UMKM bukan hanya permodalan, tetapi juga pemasaran. Oleh karena itu, event tersebut memberikan solusi atas masalah UMKM yang kesulitan memasarkan produk lebih luas. “Selain kami memberikan modal (melalui kredit, Red) untuk pelaku UMKM, Parade  ini juga sebagai wadah agar produk dari UMKM dapat dikenal masyarakat luas,” tuturnya.
Tak hanya itu, BRI juga ingin meningkatkan literasi keuangan bagi masyarakat sekitar melalui pengenalan terhadap produk-produk perbankan dan jasa keuangan lain. Sebab dalam acara ini, BRI mengedepankan strategi pemasaran yang terintegrasi dari BRI Group, termasuk dari induk perusahaan dan anak perusahaannya yang terdiri dari BRI Agro, BRI Syariah, BRI Life dan BRI Finance.
“Para pengunjung bisa menggunakan close system oleh BRI serta digital banking experience melalui pembukaan rekening menggunakan e-form BRI,” jelasnya.
Sementara itu Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kota Malang Dra. Tri Widyani P., M.Si mengungkapkan, event ini dapat membangkitkan semangat para pelaku UMKM untuk terus berkarya. Sebab event ini akan menjawab persoalan yang selama ini dihadapi oleh UMKM, seperti modal dan juga pemasaran.
“BRI tak hanya mampu untuk memberikan modal pada para pelaku UMKM. Dengan adanya Parade ini, ke depan produk UMKM akan semakin dikenal masyarakat luas, dan mempermudah untuk proses pemasaran,” katanya.
Apalagi Malang sebagai Kota Pariwisata, lanjut Tri, tentunya akan menjadikan para pelaku UMKM tersebut akan mudah berkembang. Dia berharap, Parade UMKM ini bukan hanya sekali saja digelar, tetapi akan terus menjadi program berkelanjutan dan menjadi salah satu ikon dari pameran UMKM di Malang.(yun/han)
 

Berita Terkait

Berita Lainnya :