magista scarpe da calcio Luluk HF, Novelis Muda Universitas Muhammadiyah Malang


Luluk HF, Novelis Muda Universitas Muhammadiyah Malang


PERTUMBUHAN novel di dunia maya berkembang pesat di Indonesia. Aplikasi novel luar negeri menggempur Indonesia dengan ribuan judul dan penulis asing. Namun, mahasiswi Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), Hidayatul Fajriyah muncul ke permukaan. Karya novelis muda ini, telah dibaca 24 juta kali secara online!
Situs literatur asing terus membanjiri Indonesia. Seperti Qidian International dari Tiongkok, lewat webnovel fantasinyam menyerbu pembaca nusantara. Ada juga Wattpad, dengan para penulis asing dan ribuan judul webnovel, berupaya mengalihkan perhatian penikmat novel Indonesia dari karya anak bangsa.
Situs literatur asing ini mengangkat seorang penulis muda, masih mahasiswi. Ia mencuri perhatian pembaca. Hidayatul Fajriyah dengan nama pena Luluk HF, mencuat di antara karya-karya asing di Wattpad. Berawal dari keisengannya menjajal aplikasi Wattpad, Luluk HF kini menjadi seorang penulis lokal merebut hati pembaca nasional.
Karyanya, Delov, Devilenlovqer, EL dan Mariposa, sudah bisa dibaca di Wattpad. Dia memiliki 165 ribu followers setia yang selalu menantikan tulisan-tulisannya di Wattpad. Malang Post pun mencoba membaca tulisannya.
Karya novelnya tidak berat dengan gaya sederhana. Genrenya juga ringan dan enak dibaca. Terutama, EL, yang baru saja diadaptasi menjadi film layar lebar oleh Multivision milik produser kawakan Raam Punjabi. Romansa beraroma keluarga, sahabat dan sentilan komedi, membuat pecinta novel jatuh cinta dengan goresan tulis Luluk.
“Bener, mulai Oktober 2017 lalu, saya ketemu dengan Multivision, tanda tangan kontrak untuk mengadaptasi novel saya menjadi film layar lebar,” ungkap Luluk kemarin siang.
Saat ditemui oleh Malang Post di kos-kosannya, kawasan Dinoyo, penulis 22 tahun ini menunjukkan novel cetak karyanya berjudul EL. Hak pembuatan filmnya dibeli oleh Multivision. Pencapaiannya sebagai penulis yang karyanya diadaptasi film, diawali dari keisengannya mencoba Medsos Wattpad pada tahun 2013.
Dia mengenal Wattpad, media sosial yang menjadi tempat pertemuan antara penulis dan pembaca. Wattpad sebagai aplikasi asing buatan WP Technology Inc Toronto, masih sangat sepi pada tahun 2013. Medsos ini pun belum viral pada tahun tersebut. Luluk pun masih getol menulis di blog miliknya kala itu.
Beberapa karyanya tahun 2013 seperti Delov di akun blog hyoluluk.wordpress.com, dilirik oleh penerbit Matahari dan dicetak menjadi novel tahun 2014. “Tahun 2013 Wattpad masih sepi banget. Lalu, saya coba tulisan di blog saya pindah ke Wattpad. Tulisan ini lalu saya tinggal dan gak terlalu aktif di Wattpad,” jelas mahasiswi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Bisnis UMM ini.
Setelah ini, Luluk masih menekuni blognya, serta menulis karya keduanya Devilenlovqer yang memakan waktu dua minggu. Luluk mulai melihat medsos Wattpad menjadi viral. Tahun 2016, dia melihat karyanya di Wattpad mendapat banyak respons pembaca. Dari sinilah, Luluk menemukan energi baru untuk berkarya dengan lebih serius.
“Akhirnya, pada 2017 saya menulis EL. Tulisannya muncul per chapter. Selama empat bulan, saya menulis sekitar 100 chapter di Wattpad. Tulisan saya EL ini finish sekitar bulan Oktober 2017 lalu. Tulisannya sudah kebaca 22 juta kali di Wattpad,” sambung mahasiswi yang kini masih sibuk mengerjakan skripsi itu.

Berita Terkait

Berita Lainnya :

Copyright © 2018 Malang Pos Cemerlang Goto Top