Ipda Afrizal Haris Akbar, Perwira Polisi Sekaligus Atlet Voli


PENAMPILANNYA sederhana, seperti anak-anak remaja pada umumnya. Orang yang tidak mengenal, pasti menganggap bahwa Rizal, adalah seorang pemuda biasa. Padahal pemilik nama lengkap Afrizal Haris Akbar ini, merupakan seorang perwira polisi. Sisi lainnya yang istimewa, dia seorang atlet voli nasional yang tergabung dalam tim Sparta Volleyball Club Sidoarjo, sampai sekarang.
“Saat latihan, saya masuk dalam usia junior. Tetapi ketika Sparta bertanding dalam turnamen, saya masuk dalam tim senior karena dianggap mampu,” ujar Afrizal Haris Akbar.
Sore itu, di halaman luar Stadion Kanjuruhan Kepanjen, Rizal mengajak anggota Unit Idik III Satreskrim Polres Malang, berlatih lari. Setiap anggota diajak sprint mengelilingi lapangan. “Ayo siapa yang bisa mengalahkan saya, dapat bonus,” katanya untuk memberi semangat anggotanya.
Latihan lari di halaman luar Stadion Kanjuruhan Kepanjen, dilakukannya setiap sore. Ini untuk menjaga stamina dan kondisi kesehatan tubuhnya. Maklum, pria yang baru berulang tahun ke-24 pada 2 April lalu ini, merupakan seorang atlet voli.
“Saya harus selalu menjaga stamina. Karena sampai saat ini, ketika ada turnamen saya pasti diundang. Termasuk saya juga sering dibon oleh tim lain, ketika ada turnamen voli,” tutur pria kelahiran tahun 1994 ini.
Afrizal tergabung dalam tim Sparta Volleyball Club Sidoarjo sejak masih kelas 3 Sekolah Dasar. Hobinya memang suka dengan olahraga voli. Karena kemampuannya dan prestasinya, dan seiring dengan beranjaknya dewasa, Rizal masuk dalam tim junior Sparta. Tetapi setiap kali ada pertandingan turnamen nasional, namanya selalu masuk dalam jajaran pemain senior.
Selama ini, Sparta Volleyball Club Sidoarjo adalah tim voli yang kerap menyumbang atletnya untuk masuk Timnas Voli Indonesia. Bahkan, nama Rizal sempat dilirik untuk mengikuti seleksi di Timnas pada tahun 2008. Namun ia tidak lolos, karena masih kalah bersaing dengan atlet lainnya.
“Saya bermain pada posisi libero. Dua teman satu tim di Sparta, yang lolos seleksi Timnas ada nama Agung Seganti dan Tomi. Hanya saya saja yang tidak lolos, karena kalah bersaing,” ungkapnya sembari tersenyum.
Namun selama bergabung dengan tim Sparta Volleyball Club Sidoarjo, Rizal sudah beberapa kali mengantarkan timnya mendapat prestasi. Di antaranya adalah Juara II Liga Remaja turnamen voli dan Juara III Porprov Junior.
“Saya masih tetap aktif. Bahkan ketika ada waktu, ikut latihan pada Sabtu dan Minggu. Termasuk sering mendapat undangan dari tim lain,” tegas alumnus SMA Taruna Nusantara Magelang.
Afrizal, tercatat sebagai anggota Polri setelah lulus Akademi Polisi (Akpol) tahun 2016. Sebelum berdinas di Polres Malang, dia menjabat sebagai Kanit Buser di Polres Sampang Madura. Kemudian dimutasi sebagai Kanit Idik III Satreskrim Polres Malang, sejak pertengahan Maret 2018 lalu.
“Motivasi saya sebagai anggota Polri, selain ingin mengabdi pada negara dan masyarakat, juga men jaga Kamtibmas. Termasuk ingin mengumpulkan Polres Malang yang hobi voli, untuk membentuk tim voli,” jelasnya.
Ia mengatakan, bahwa menjadi Polisi sebenarnya bukan cita-citanya. Awal cita-citanya ingin masuk ke Akademi Militer (Akmil). Tetapi karena ketika waktu SMA mengambil jurusan IPS, akhirnya terpaksa memutuskan untuk mencoba masuk ke Akpol. Karena prestasinya, sekali mendaftar dia langsung diterima.
“Dari awal saya memang sudah tidak mau melanjutkan kuliah. Cita-cita saya adalah masuk ke militer. Meskipun dari keluarga atau orang tua tidak ada basic seorang polisi, karena orang tua adalah seorang perawat,” paparnya.(agung priyo/ary)

Berita Terkait

Berita Lainnya :