magista scarpe da calcio Langkah Tepat Pengembangan Potensi Kabupaten Malang


Langkah Tepat Pengembangan Potensi Kabupaten Malang


MALANG POST - Malang Beach Festival yang dikemas sebagai rangkaian Hari Jadi Pemkab Malang telah berakhir. Sepekan , acara ini sungguh menyedot konsentrasi, khususnya bagi pemilik hajat, Pemkab Malang. Bagaimana efek domino dari gelaran itu terhadap pengembangan wilayah Malang Selatan?
LIMA TAHUN sudah kawasan Malang Selatan, khususnya pantai selatan dari Sendangbiru sampai Balekambang diberi akses jalan. Dibangun pemerintah pusat melalui dana APBN. Jalan ini merupakan bagian dari trans-Jawa di sebelah selatan. Populer dengan nama Jalur Lintas Selatan (JLS).
Ambisi dari pembangunan JLS, adalah menyaingi jalan 1.000 kilometer yang dibangun di zaman Gubernur Hindia Belanda Herman Willem Daendels,  dari Anyer sampai Panarukan di pesisir Utara Jawa. Meskipun dalam perkembangannya, 'Daendels'  kedua yang digagas Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat ini, kalah cepat dengan jalan Tol Trans-Jawa.
JLS, baru terbangun sepenggal-sepenggal. Rintisan jalan ini sebenarnya juga dibangun oleh Daendels. Yakni di wilayah Jogjakarta. Jalan sepanjang lima kilometer dari Kecamatan Mlirit sampai Kecamatan Ambal. Jalan inilah yang kemudian memicu Pangeran Diponegoro perang melawan Belanda.
Kini jalan itu juga sudah dikembangkan seperti JLS di wilayah Kabupaten Malang. Peningkatan kelas jalan itu memicu perkembangan wisata pantai di pesisir selatan Kulon Progo, seperti Congot, Glagah, dan Trisik . Jalannya mulus dan relatif sepi.
Belum lagi pesona pantai di wilayah Kebumen. Panorama Pantai Menganti dengan pasir putihnya dan bebatuan karang yang eksotis dilihat dari perbukitan di sekitarnya. Pantai yang terletak di Desa Karangduwur, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah ini pun  banyak dikunjungi wisatawan sejak dibuka pertengahan 2011.
Kondisi yang sama  di wilayah Malang Selatan. Dari wilayah Sendangbiru - Balekambang, sederet wisata pantai pun menggeliat. Mulai dari Balekambang, Pantai Tiga Warna, Clungup, Rowo Indah, Goa China, Watu Leter, Bajul Mati, Batu Bengkung, Ngudel, Nganteb, Ungapan, Balekambang dan masih banyak lagi pantai di kawasan ini. Semuanya berbenah.

Berita Lainnya :

Copyright © 2018 Malang Pos Cemerlang Goto Top