Padukan Tiga Budaya,Menyatu dalam Suka Cita


MALANG - Memadukan   tiga budaya dalam suasana penuh kemeriahan. Begitulah  suasana ngunduh mantu dr. Yeremia Prawiro Mozart Runtu dan drg. Dipa Elyana di Hall Panderman, Ciptaningati Culture Hotel Kota Batu, Sabtu (13/1).
Tiga budaya tersebut adalah Jawa, Manado dan Medan. Hal ini tidak berlebihan karena orangtua dr.Yeremia Prawiro Mozart Runtu, yakni dr.Raymond Ferdinand Runtu, Sp.PK, MBA dan Dr. RR. Budi Kusumaning Atik, SH.MH  berdarah Manado dan Jawa. Sedangkan orangtua drg. Dipa Elyana yaitu Dr. Ir. Pariaman Sinaga, MM dan dr. Moskwadina Gultom, M.Pd Ked berasal dari ibukota Sumatera Utara, Medan.
“Kami  ingin memadukan tiga budaya kekayaan bangsa Indonesia dalam ngunduh mantu di  Kota Batu ini. Sebelumnya, kedua mempelai telah menikah, melakukan pemberkatan dan resepsi di Jakarta pada September lalu,’’ ungkap Dr. RR. Budi Kusumaning Atik, SH.MH kepada Malang Post.
Notaris dan pemilik Ciptaningati Culture Hotel di Kota Batu ini memaparkan, perpaduan tiga budaya tersebut ditampilkan dalam rangkaian prosesi acara ngunduh mantu. Termasuk dalam beragam tari-tarian dan lagu-lagu daerah, sehingga semakin menyemarakkan acara yang dihadiri ratusan undangan dari berbagai daerah. “Melalui ngunduh mantu sebagai tradisi  adat Jawa ini, kami sengaja turut menampilkan budaya dari Manado dan Medan. Sekaligus untuk menunjukkan begitu kaya dan indahnya budaya bangsa kita tercinta,” papar Atik, sapaan akrab kakak Ketua PD XIII GM FKPPI Jatim Ir. R. Agoes Soerjanto ini.
Rangkaian prosesi acara berlangsung khidmat dan meriah. Diawali dengan sajian gending-gending Jawa mengalun lirih menandai pelaksanaan kirab, imbal wicara, dan prosesi minum tirta atau air suci. Setiba di dalam Hall Penderman,  mempelai dan kedua orangtua disambut tari Gambyong Parianom, Tari Sindur Binayang dan  Tari Atur Pambagyaharja dilanjutkan doa dipimpin Pendeta Didik Tri Djatmiko. Berbagai tari-tarian  dan lagu dari tiga daerah ditampilkan bersamaan dengan ratusan tamu  terus menerus berdatangan guna memberikan ucapan selamat kepada kedua mempelai.
Diantaranya  Ny. Egnie Rumambi Sugijono (istri mantan Wali Kota Malang Sugijono almarhum), Wali Kota Batu Hj. Dra Dewanti Rumpoko M.Si, musisi Ian Antono dan istri, Kahubdam V/Brawijaya Kolonel Chb Sholeh, S.H, MM, para pejabat, jajaran TNI dan Polri, keluarga besar GM FKPPI, keluarga Ijen Nirwana, Ijen Suites, Arema FC, keluarga besar Rukun Kawanua Pinaesan, keluarga besar Malang Post, pengusaha serta berbagai kalangan masyarakat.
Video saat prosesi pernikahan, pemberkatan serta resepsi di Jakartajuga turut ditampilkan dalam layar lebar dan disaksikan oleh para undangan dan tamu, sembari menikmati berbagai hidangan lezat yang disajikan dengan cantik. Alunan gending-gending Jawa terus dilantunkan di halaman hall Panderman sehingga suasana semakin semarak dan sangat dinikmati para tamu serta undangan.
Kepada Malang Post, para tamu menyatakan rasa kagum dan senang mengikuti berbagai kegiatan ngunduh mantu  yang dikemas semarak ini. “Luar biasa bagus dan menjadi spesial ya. Apalagi  dapat menampilkan perpaduan beragam  budaya khas Indonesia sekaligus mencerminkan asal mempelai dan orangtua mempelai,’’ papar Tari Indahyani, tamu dari Surabaya.
Mereka juga menyatakan harapan semoga kedua mempelai dr.Yeremia Prawiro Mozart Runtu dan drg. Dipa Elyana selalu mendapat limpahan rahmat dari Tuhan. Serta senantiasa menyatu dalam suka dan cita.
“Kami sangat berterima kasih atas kehadiran tamu dan undangan serta kepada semua pihak yang telah berkenan hadir dan memberikan doa restu kepada  kedua mempelai. Semoga Tuhan membalas semua kebaikan bapak dan ibu semua. Amin,” pungkas Atik didampingi suami tercinta, dr. Raymond Ferdinand Runtu, Sp.PK, MBA.(nugroho/han)

Berita Terkait

Berita Lainnya :

loading...