Desy Miladiana, Penulis Novel di Whattpad dengan Satu Juta Pembaca


MALANG POST - Penampilannya khas mahasiswi dan bersahaja. Itulah kesan pertama Malang Post saat bertemu Desy Miladiana, penulis novel dengan jutaan pembaca di Wattpad, di salah satu café di daerah Blimbing. Sosoknya sangat bertolak belakang dengan gambaran tokoh-tokoh yang diciptakannya, yang selalu tampak borjuis dan mewah.
Desy, panggilan akrabnya, mulai menulis saat beranjak SMP. Dia iseng menulis cerpen yang akhirnya dia upload di media sosial yang popular saat itu, yaitu Facebook dan dibagikannya kepada teman-temannya. Sebelum itu, gadis asal Surabaya ini menyatakan, dia juga menyukai pelajaran Bahasa Indonesia, terutama tentang menulis. Saat itu, mentor pertamanya dalam menulis adalah guru Bahasa Indonesia yang mengajarnya di kelas.
“Dulu saat SMP dan pertama kali nulis, saya dekat dengan guru Bahasa Indonesia. Yang pertama kali mengajarkan, mengarahkan dan memberikan kritik, masukan serta saran untuk menulis ya guru Bahasa Indonesia saya saat itu,” ungkapnya ketika kepada Malang Post.
Karena tulisannya di Facebook, Desy mengungkapkan, ia kemudian banyak sekali mendapatkan undangan grup penulis. Setelah bergabung dalam grup penulis, dia makin mendapatkan banyak ilmu, sharing pengalaman dan pengetahuan dengan penulis-penulis lain sehingga dia bisa mengenal banyak penulis dan bisa belajar bersama mereka.
Saat SMA, karena kesibukan akademisnya, Desy tidak melanjutkan hobi menulisnya. Ia baru kembali menulis saat libur panjang menjelang ujian masuk perkuliahan. Dia mengungkapkan, setelah diterima melalui jalur SNMPTN di Fakultas Ilmu Komputer Jurusan Sistem Informasi Universitas Brawijaya Malang pada 2014, ia memilih kembali menulis karena bosan.
“Dari dulu sudah jadi member di Wattpad, kala itu Wattpad masih sepi dan saya hanya menjadi pembaca saja. Karena tulisan-tulisan yang saya baca di sana, saya merasa banyak yang nggak sreg. Nah, karena bosan nganggur, akhirnya mulai menulis di Wattpad deh,” kisah Desy tentang awal perjalanannya menjadi penulis ‘sungguhan’ di platform media sosial kepenulisan yang sedang ngehits ini.
Lovely Chef, Shit Happens, Over (Love) Weight, To Find Her, Proposal for Wedding, Behind the Scene, Broken Promises, dan Call You Home merupakan sederet dari karya-karya yang telah dihasilkan oleh Desy. Pada 2015, salah satu tulisannya Shit Happens, diterbitkan menjadi buku dan hanya bisa dipesan dan dibeli secara online.
“Untuk Shit Happens, penerbitnya dari Raverty Publishing, salah satu penerbit Indie yang ada di Indonesia. Karena penerbit Indie, penjualan buku ini lebih banyak melalui online, namun juga pernah ada di Togamas Dieng namun dengan stok terbatas,” ungkapnya.
Di Wattpad, Desy sudah mempunyai sekitar 1 juta pembaca yang setia menanti tulisannya setiap minggu. Saat ini, ada dua novel on going yang sedang digarap Desy, yaitu Behind the Scene dan Broken Promise. Sementara untuk novel Call You Home, Desy menceritakan tentang kisah percintaan pria dan wanita yang dijodohkan oleh keluarga kedua belah pihak dan adanya pihak ketiga di antara mereka.
“Satu tulisan saya yang coming soon yaitu Tied in Memories. Rencananya juga, ada satu lagi tulisan lagi yang akan dibukukan dan sedang dalam progress dengan penerbit pusat,” tambah Desy.
Selama perjalanannya menulis, banyak suka duka yang dirasakan Desy. Dia sangat suka ketika karyanya dibaca orang lain. “Sedihnya, kadang ketika saya lama nggak update tulisan, banyak pembaca yang menghubungi saya untuk menanyakan kapan akan upload tulisan. Selain itu, saya pernah mengganti alur cerita dan mengubah hampir keseluruhan, sehingga harus menulis lagi dari awal,” tuturnya.
Setelah menyelesaikan kuliahnya, Desy berencana untuk meneruskan hobi menulisnya dengan bekerja di bidang Sistem Informasi. Wanita penggemar Alia Zalea dan Christian Simamora ini menyatakan, dia akan terus membawakan cerita dan tulisan sesuai dengan gaya tulisannya.
“Menulis sudah menjadi bagian dari hidup saya. Rencana saya di masa mendatang, saya akan bekerja di bidang saya dan menulis sesuai hobi,” pungkasnya. (mg4/han)

Berita Terkait

Berita Lainnya :