Dibanderol Rp 2 Miliar, Toyoto GR Supra Siap Mengaspal di Malang

BARU: Mobil balap Toyota GR Supra hadir dalam Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019 di ICE BSD City Tangerang, kemarin. 
 
 
Kejutan Gaikindo Indonesia International Auto Show  2019 (1)
Malang Post menjadi satu-satunya media cetak Malang Raya yang hadir di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) di Indonesia Convention and Exhibition (ICE) BSD City, Tangerang mulai Kamis (18/7). Wartawan Malang Post Febri Setyawan menyaksikan kejutan-kejutan yang disuguhkan di GIIAS 2019. Salah satunya kehadiran Toyota GR Supra.
 
Ya, penggemar mobil balap Surabaya dan Malang harus bersiap atas kedatangan Toyota GR Supra. Mobil balap keluaran Toyota ini sudah dilaunching dan dipamerkan pada GIIAS 2019. Mobil built-up dari Jepang itu juga akan segera diboyong ke Jawa Timur.
Toyota GR Supra menjadi salah satu pusat perhatian pengunjung. Ribuan pengunjung penasaran dengan mobil balap itu selain deretan varian kendaraan pabrikan Jepang ini. Mereka juga sangat antusias untuk mendapatkan informasi mengenai spesifikasi hingga harga mobil balap tersebut. 
Kehadiran Toyota GR Supra ini menjadi kejutan booth Toyota dalam Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019 di ICE BSD City Tangerang. Toyota Supra generasi kelima ini langsung dilaunching President Director PT Toyota Astra Motor (TAM), Yoshihiro Nakata pada even GIIAS, sore kemarin.
Acara launching sangat meriah dan dihadiri ratusan wartawan dari media nasional maupun lokal. Wartawan Malang Post, Febri Setyawan hadir langsung dalam launching Toyota GR Supra. Begitu juga ribuan pengunjung memadati booth Toyota untuk menyaksikan launching. 
Menurut Yoshihiro Nakata, kehadiran Toyota GR Supra merupakan bagian komitmen Toyota menghadirkan produk yang selaras dengan kebutuhan dan kepuasan konsumen yang kian dinamis. Mobil balap Toyota yang sudah melegenda juga apresiasi kepada pelanggan yang menginginkan kendaraan karakter balap. 
"Mobil balap ini bisa dikendarai di jalan raya dengan aman dan nyaman," katanya.
Toyota GR Supra adalah model global pertama produksi Toyota Gazoo Racing. Sejak kali pertama berkompetisi dalam balap ketahanan Nurburgring 24 di Jerman tahun 2007 lalu, Toyota Gazoo Racing fokus dalam kegiatan motorsport.
Sementara itu Henry Tanoto, Vice President Director PT TAM menyebutkan, Toyota GR Supra ini sudah bisa dijual di Indonesia. Peminat harus daftar dulu pada dealer-dealer resmi Toyota seluruh Indonesia. Peminat tidak bisa langsung mendapatkan unit karena TAM harus mendatangkan terlebih dahulu dari Jepang.
Mobil berbahan bakar gazoline ini, kata dia, dilempar awal dengan harga Rp 2 miliar. Toyota GR Supra muncul dalam varian warna merah dan hitam ke Indonesia. Kedua varian warna ini pun sudah ada dalam even GIIAS, 18-28 Juli ini. 
Penampilan luar, GR Supra dibuat garang dengan penggunaan body dan lampu sporty. Bagian belakang body dibuat lebih tajam dan berani dengan body kit yang menonjol menunjukkan sisi berani.
Bagian dalam, mobil ini hanya terdapat dua kursi penumpang dengan dua pintu. Pengemudi dibuat sangat nyaman dalam berkendara. "Sudah bisa dipesan pada dealer resmi Toyota Seluruh Indonesia," katanya. 
Auto2000 wilayah Jatim langsung berminat membawa unit Toyota GR Supra ke Surabaya. Tujuan membawa unit tersebut biar peminat langsung tahu model kendaraan. Dengan begitu, mereka tidak ragu membeli meski harus inden.
"Setelah even GIIAS ini, kami segera usulkan Toyota GR Supra dan mobil baru lainnya dibawa ke Surabaya. Paling tidak, itu bisa dilakukan pada semester dua 2019," ungkap Hendra Purnawan Operation Manajer Wilayah Jatim Auto2000. 
Dia menjelaskan GR Supra dan mobil-mobil baru lainnya sudah mengundang penasaran warga Surabaya, Malang dan Jatim lainnya. Setelah mobil tersebut menjadi perhatian dalam even GIIAS, mereka yang tidak bisa datang ke Jakarta juga ingin melihat performa mobil balap itu. 
"Jadi Toyota bukan hanya menghadirkan kendaraan MPV atau SUV saja tetapi juga ada mobil balap," terangnya. 
Kehadiaran Supra dan mobil balap lain dari Toyota bisa dihadirkan dalam even Indonesia International Motor Show (IIMS) di Surabaya. Mobil itu tidak hanya hadir sendirian, tetapi juga dengan merk lain dalam sebuah pameran. Hadir dalam pameran bersama, gaung akan lebih besar untuk menarik minat penggemar mobil datang ke lokasi. 
"Penggemar mobil dari seluruh Jatim, termasuk Malang bisa hadir. Apalagi jarak tempuh Surabaya-Malang relatif pendek dengan adanya tol. Mereka hanya butuh satu jam untuk ke Surabaya sehingga GR Supra ini tidak harus langsung dibawa ke Malang," tegas dia. 
Artinya Toyota Supra juga siap mengaspal ke Malang. Yang jelas, pihaknya sangat antusias mendatangkan mobil baru, termasuk mobil balap ke Surabaya karena market share Toyota di Jatim adalah kedua setelah DKI Jakarta. Tahun 2018 lalu, pihaknya mampu menjual 11.600 unit mobil berbagai varian Toyota di Jatim. Sedangkan  2019 ini, Toyota sudah terjual sekitar 10 ribu unit, sehingga akhir tahun nanti bisa melebihi capaian 2018. 
Kalangan the have dan kaum milenial Surabaya dan Jatim juga cukup banyak. Mereka adalah segmen pasar mobil balap itu. 
"Mobil balap ini memiliki segmen tertentu. Dengan begitu, penjualan tidak bisa berbasis volume seperti SUV dan MPV," terangnya.(feb/ary)

Berita Terkait