Dihadang Kelompok Pemberontak, Truk Dipreteli dalam Waktu Singkat


Tak semua anggota TNI mendapat kesempatan bergabung sebagai personel Pasukan Garuda misi Perdamaian PBB. Serma Tampang Tatu termasuk yang beruntung. Ia bergabung dalam Satgas Kompi Zeni TNI Konga XXXVII-D/Minusca (Multi-Dimensional Integrated Stabilization Mission in Central African Republic). Anggota Batalyon Zipur V Kepanjen ini bertugas selama satu tahun yaitu Agustus 2017 - Agustus 2018.
Ya, Tatu sapaan akrabnya, berada di negara rawan konflik tersebut bertugas untuk menjaga perdamaian.  Ia dari Indonesia, bersama dengan tentara dari 22 negara lain ikut dalam misi perdamaian PBB ini. Dari  Indonesia sendiri ada 200 personel yang berangkat ke sana.  22 negara lain itu di antarannya adalah Peru, Gabon, Burundi, Pakistan, Bangladesh, Senegal, Kamerun, Afrika Selatan, Gambia dan lainnya.
Dia bercerita, untuk bisa bergabung dalam Pasukan Garuda bukan hal yang mudah. Dia dan rekan-rekannya yang akan berangkat harus melalui serangkaian tes. Tesnya pun tidak hanya tentang wawasan kebangsaan atau pengetahuan umum, tapi juga tes bahasa Inggris. Pria berusia 45 tahun inipun mengaku bersyukur, karena serangkaian tes yang diikutinya, seluruhnya sukses, dan dirinya pun akhirnya bisa berangkat.
”Saya ingin berangkat, pertama adalah ingin menambah pengalaman, kedua ingin membantu kemanusiaan,’’ ungkap suami dari Purwantini ini.
Singkat cerita, ayah tiga anak inipun berangkat menuju Republik Afrika Tengah. Saat kali pertama menginjakkan kaki di negara Afrika Tengah, Tatu pun melihat banyak perbedaan. Mulai dari cuaca, kondisi geografis, dan sebagainya.
”Kami turun di kota saat itu, tapi jangan tanya, dibandingkan dengan Kota Malang, di sana lebih sepi. Fasilitasnya pun sangat minim,’’ ungkap pria asli Makasar ini.
Tapi demikian, bapak dua anak ini tak memikirkan hal tersebut. Satu-satunya yang ada di benak Tatu adalah dapat menjalankan tugas dengan baik. Tapi demikian, suasana hatinya berkecamuk saat dua hari dia menjalankan tugas. Di mana saat itu dia mendengar baku tembak.

Berita Terkait

Berita Lainnya :