Gerakan Dolanan Tanpa HP di Kelurahan Pandanwangi


Generasi muda Kota Malang menunjukkan kreativitas dan ide segar mereka dan berkontribusi untuk daerahnya. Di Kelurahan Pandanwangi Kecamatan Blimbing, setiap Hari Minggu anak-anak kecil asyik bermain bersama di lapangan. Karang Taruna Pandanwangi menjalankan program “Dolanan Bareng Ninggalno HP”. Ini inspiratif sekali!
Ya, anak-anak terlihat bermain di lapangan di sekitar. Mereka dipandu para anak muda, Karang Taruna RW 9 Pandanwangi. Gerakan ini mengajak anak-anak di lingkungan Kelurahan Pandanwangi bermain sesuka mereka, tanpa membawa handphone atau gadget. Bahkan, gadget mereka harus ditinggal di sebuah tempat dan dikumpulkan baru mereka bermain.
Malang Post sempat berkunjung melihat sendiri kegiatan unik ini. Lokasi tepatnya ada di Lapangan Ngandongan Kelurahan Pandanwangi Kecamatan Blimbing Kota Malang. Ya, bagai kembali ke masa 1990-an ketika melihat anak-anak bermain dengan riang. Ketika itu, para remaja dan anak-anak tengah bermain Bentengan.
Sambil penuh gelak tawa, mereka kukuh mengikuti permaian. Menjaga bentengnya, kemudian bermain ular-ularan. Ada juga gadis-gadis kecil bermain lompat tali dan terlihat anak-anak SD menggambar sesukanya. Semuanya tanpa satu pun menggunakan gadget.
“Lho ndak gitu caranya dek. Harus pasang strategi kalau mau ambil rumah lawan” tutur salah satu pemuda karang taruna ketika mengajari seorang anak SD bermain Bentengan yang berlari tak karuan tanpa arah.  
Sebagian besar peserta bermain, memang anak-anak SD hingga SMP. Sedihnya, mereka kebanyakan tidak tahu bagaimana cara bermain, khususnya permainan tradisional seperti Bentengan ataupun Ular-Ularan. Sehingga harus dipandu.
Di sinilah kakak-kakak Karang Taruna Pandawangi berperan. Mereka terlihat memandu cara bermain dan menyediakan fasilitas bermain seperti kaos olahraga sampai tali untuk bermain lompat tali dan lain sebagainya.

Berita Terkait

Berita Lainnya :