Jatuh Bangun Jingga Band and Orchestra di Dunia Musik


Alunan musik, baik akustik hingga orkestra jadi kebutuhan untuk meramaikan acara. Salah satu grup musik line-up yang ada di Kota Malang, yakni Jingga Band and Orchestra. Selain sudah keliling Indonesia, orchestra ini kerap mengiringi beberapa artis ternama. Di antaranya Syahrini, Via Vallen dan Titi DJ.
Pencapaian tersebut tentunya membutuhkan proses dan perjuangan yang cukup panjang. Perjalanan tersebut dimulai sekitar tahun 2012 dan diawali dengan band akustik.
“Saat itu, kami berpikir untuk membuat band akustik. Sebab, pasarnya masih sedikit. Mulanya, kami main di beberapa klub malam,” terang Abdullah Husein, Marcomm Jingga Band and Orchestra.
Pria yang akrab disapa Vinoqi tersebut mengungkapkan, band akustik tersebut mulai dilirik kafe dan juga hotel yang ada di Kota Malang. Setelah beberapa kali mengikuti audisi, mereka akhirnya lolos untuk mengisi event reguler.
“Kami memiliki jadwal reguler di beberapa hotel bintang empat. Pelan-pelan, sudah mulai banyak tawaran untuk event di luar,” kata pria yang juga salah satu vokalis Jingga Band and Orchestra itu.
Karena mengikuti permintaan pasar, mereka mulai melebarkan sayap dan menambah personel. Jika yang awalnya hanya bermodalkan gitar, piano dan vokalis saja, mereka harus menambah beberapa personel band.
“Sejak saat itu, kami mulai merambah dunia band. Tentu, tantangannya lebih banyak. Memadukan instrument musik menjadi alunan yang indah didengar itu tidak mudah, karena alatnya sudah mulai banyak,” jelas pria berkacamata itu.
Setelah berhasil melewati berbagai tantangan saat main band, sekitar tahun 2014, Jingga Band and Orchestra kembali mendapat tantangan dari salah seorang kliennya.
“Saat itu, kita diminta klien untuk mempersiapkan orkestra dalam sebuah acara pernikahan. Tanpa ragu, kami langsung coba, mengumpulkan teman-teman dan coba manggung. Alhamdulillah, bisa,” papar Vinoqi senang.

Berita Terkait