Kisah Ase Adrian, Dibully karena Suara Mirip Cakra Khan


'Ku tahu engkau, sebenarnya tahu, tapi kau memilih seolah engkau tak tahu. Kau sembunyikan, rasa cintaku, di balik topeng persahabatanmu yang palsu. Kau jadikan aku, kekasih bayangan, untuk menemani saat ku merasa sepi. Bertahun lamanya, ku jalani kisah, cinta sendiri,'
Lantunan lirik Cakra Khan tersebut terdengar syahdu di telinga. Dengan suara khas Cakra, yang serak-serak basah, membuat Malang Post berpikir bahwa Cakra datang ke Malang. Setelah mencari sumber suara, ternyata lagu tersebut dinyanyikan oleh Ase Adrian atau yang akrab disapa Asevenger.
Pria asli Malang tersebut memiliki keunikan suara mirip artis ibu kota. Siapa sangka, dengan kelebihan yang dimiliki, Ase, sapaan akrabnya kerap tampil di televisi nasional hingga dilirik manajemen artis. Meski begitu, Ase kerap mendapat hujatan dari netizen lantaran suara yang dimilikinya mirip sang artis. Namun, Ase berhasil membuktikan kalau dirinya memiliki karakter sendiri dalam menyanyikan lagu.
Tentunya, untuk meraih kejayaan tersebut, membutuhkan perjalanan panjang. Belum lama ini, Ase berbagi cerita kepada Malang Post. Sejak kecil, ia sudah memiliki bakat di bidang tarik suara. Namun, tidak mendapat restu dari kedua orang tuanya.
"Sebab, saat itu orang tua saya berpikir, mau jadi apa kalau hanya nyanyi-nyanyi," terang bungsu dari 5 bersaudara tersebut.
Meski begitu, Ase kecil tetap melakukan bakatnya. Iseng-iseng, ia ikut lomba karaoke tingkat RT dan berhasil menjadi pemenang.
"Bahkan, ketika SMP, saya juga sempat mengikuti ekstrakurikuler paduan suara," kata dia.
Kemudian, lanjut dia, ketika masuk SMA, ia memutuskan untuk vakum karena beberapa hal. Setelah lulus SMA, ia langsung banting setir dan bekerja sebagai asisten dokter gigi. "Saya bekerja selama dua tahun. Setelah itu, saya merasa jenuh. Akhirnya terpikir untuk kembali ke dunia tarik suara," ujar pria berusia 33 tahun ini.
Sekitar tahun 2008, Ase memberanikan diri untuk join dengan band. Ia mulai manggung dari cafe ke cafe. "Awalnya ikut audisi menjadi vokalis, akhirnya lolos. Di awal karir, sempat tidak dibayar tiga bulan. Sebab, masih dalam masa training," papar pria yang berzodiak Aries ini.
Tak lama kemudian, Ase kembali memutuskan untuk hijrah dan dipercaya untuk bernyanyi bersama sebuah band di Batam. Dari sanalah, karirnya mulai naik. "Saya sering nyanyi keliling Indonesia. Beberapa kota, mulai dari Medan, Palembang, Palu hingga Timika pernah saya singgahi," kata dia.
Sekitar tahun 2015 lalu, Ase memutuskan untuk kembali ke Malang untuk berkumpul bersama keluarga. Tentunya, hal tersebut juga disambut baik oleh teman-temanya. Akhirnya, ia mulai mencoba solo karir dan menjadi wedding singer.
"Tahun lalu, saya mencoba menyanyi dan upload video di instagram. Ternyata, mendapatkan respons yang cukup baik," kata dia.

Berita Terkait

Berita Lainnya :